Headlines
Loading...

Oleh : Yuliati Sugiono


Lahwun adalah perbuatan yang hukumnya mubah tapi melenakan. Keseriusan dalam hidup ini sudah menjadi kepastian dalam tabiat hidup. Pengaturan alam ini serius.

Maka kesungguhan itu ada maksudnya. Pertama adanya tujuan dan kedua, mewujudkan tujuan. Adanya tujuan dalam beramal, harus tahu apa goal nya. Jika tak ada tujuan, maka sia-sia. Ini pasti lebih tidak mudah.

Kalau tidak, maka perbuatan itu sia-sia, tak ada nilai nya. Lahwun. Main HP tanpa tujuan termasuk sia-sia. Maka perlu memahami tujuan dan merealisasikannya.

Kaum muslimin saat ini hidup bukan hanya lahwun tetapi lahwun munadhom, sia-sia yang tersistem. Lahwun artinya bermain. Arti yang lain, nyanyian.

Adapun definisi lahwun :

1. Sibuk dengan sesuatu yang dilarang/haram.
2. Sibuk dengan sesuatu yang mubah, memalingkan dari yang wajib.

Termasuk lahwun adalah olahraga yang mubah, renang, lari, lagu nasyid, bila menyebabkan meninggalkan yang wajib.

Kalau tidak meninggalkan yang wajib maka hukumnya mubah. Main catur itu boleh, sepakbola itu boleh.

Tetapi sebaiknya bagi laki-laki bila ada waktu kosong lebih prioritas bagaimana meningkatkan income keluarga, bukan bermain.

Buang-buang waktu yang tersistem. Misalnya sepakbola dari tingkat RT sampai PSSI, FIFA. Ada atlit sampai pelatih. Olimpiade Internasional. Berlaku mendunia untuk semua cabang olahraga.

Tentulah orang mementingkan sepakbola daripada sekolahnya. Hal ini menyibukkan orang, dijadikan tujuan sebagai pemain bola, pemain bulu tangkis dll. 

Umat kehilangan tenaga potensialnya. Belum pakaian mereka yang mengumbar aurat memakai celana pendek. Disetiap Olimpiade dibuka dengan tarian-tarian, habislah rasa malu dan harta mereka.

Demikian juga dengan Idol-Idol, nyanyian. Lagu dengan topik percintaan. Para pemimpin mendukung acara-acara ini. Bahkan banyak penyanyi menjadi anggota DPR karena banyak penggemar.

Lahwun Siyasah.

Lahwun siyasah menimpa pemimpin dengan rapat-rapat dan muktamar-muktamar, baik bilateral maupun internasional atas nama PBB.

Apa yang dihasilkan dari rapat-rapat ini? Hasilnya bertentangan dengan rakyat. 

Perayaan-perayaan, baik memperingati hari kemerdekaan, hari Kartini, hari buruh, yang menghabiskan waktu dan membuang nyawa ( panjat pinang jatuh).

Ciri-ciri lahwun munadhom :

1. Ada tujuan.
2. Ada perancangan, dijadikan program dunia, sehingga semua sibuk dari level kecil sampai besar.
3. Integral.

Bahaya Lahwun Munadhom.

Memalingkan umat dari dakwah, perhatian terhadap agama nya sehingga hidup nya sia-sia, tidak ada tujuan mulia dan kekal.

Tidak memahami nilai Islam, semakin merosot pemikirannya sehingga tidak ada lagi umat Islam. Memalingkan dari persoalan utama umat yaitu menegakkan Khilafah. 

Kita disibukkan dengan lahwun munadhom, maka kita harus melawan.

Kewajiban umat untuk mengetahui fakta lahwun munadhom, wajib mengetahui tujuan-tujuannya yang menghabisi kaum muslimin, menghancurkan Islam, sehingga tidak menganggap penting salat dan hukum Islam lainnya.

Umat lebih sibuk dengan kegiatan yang melenakan, tanpa disadari mereka sibuk dengan kesia-siaan. Terlebih untuk pemuda, amat disayangkan jika menghabiskan waktunya untuk main game. Potensi pemuda tersedot untuk hal-hal yang tak berguna.

Maka dakwah menyadarkan umat merupakan suatu keharusan agar terjadi perubahan. Dakwah dan dakwah jangan sampai berhenti sampai kita mati.

Baca juga:

0 Comments: