Headlines
Loading...
Oleh. Sarinah

Mengkaji Islam adalah suatu hal yang urgent, terlebih dalam kondisi hari ini. Berbagai masalah yang menimpa negri ini serta negri-negri kaum muslim lainnya menjadi alasan untuk melakukan perubahan. Karena Islam adalah jalan untuk merubah suatu keadaan agar sesuai harapan.

Kita bisa melihat, berbagai fakta hari ini. Keterpurukan serta kemunduran umat adalah akibat diterapkan aturan atau sistem yang bertentangan dengan syariah.

Di bidang politik, umat bagai anak ayam kehilangan induknya. Ditindas, dizalimi, diusir bahkan dinistakan. Penistaan Al-Qur'an menjadi hal biasa dalam sistem sekuler yang diterapkan. Nauzu billahi min zalik.

Dari sisi ekonomi, umat hidup dalam bayang-bayang kemiskinan. Krisis pangan serta harga kebutuhan pokok yang cukup mahal, membuat sebagian warga tak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dari segi sosial budaya, hampir-hampir tidak ada bedanya dengan non muslim. dari segi pakaian, perbuatan, makanan, pakaian, dan hiburan. Serta pergaulan bebas, tawuran, narkoba dan free sex merupakan hal biasa yang dijumpai baik di sosial media maupun  lingkungan tempat tinggal.

Oleh karenanya, perubahan itu sangatlah penting bahkan mutlak dilakukan. Sebab umat akan terus berada dalam kungkungan sistem sekuler yang merubah perilaku dan pola pikirnya.

Disinilah pentingnya peran akidah untuk merubah cara pandang ummat tentang kehidupan. Pemecahan uqdatul qubra atau pertanyaa besar mengenai kehidupan akan mampu merubah cara pandangnya dalam menentukan sikap dan cenderung menyukai segala hal yang berbau syariah. Karena ia yakin,  bahwa syariah Islam adalah berasal dari Sang Pencipta yang Maha mengetahui. Serta meyakini bahwa akan ada kebaikan apabila aturan Islam itu diterapkan.

Dari segi pendidikan, umat pun tak lepas dari aturan yang disetir oleh orang kafir, kurikulum merdeka belajar serta perubahan kurikulum yang sering terjadi membuat generasi hidup tanpa visi. 

Standar pendidikan liberal, membuat generasi jauh dari pemahaman Islam, bahkan cenderung dikerdilkan. Kegagalan mencetak generasi membuat tanda tanya besar, tentang pola atau standar yang diterapkan. Serta perubahan kurikulum yang tidak membawa dampak positif bagi perubahan tingkah laku remaja yang serba bebas.

Karena itu, pentingnya ada suatu sistem yang mampu memberikan perubahan terhadap kondisi sosial masyarakat. Di sinilah pentingnya Kh!l4f4h sebagai suatu sistem yang mengatur kehidupan berdasarkan aturan Islam, agar umat hidup dalam aturan yang memberikan kebaikan serta Rahmah.

Pentignya thariqah atau metode penerapan hukum Islam merupakan hal utama, ditengah berbagai isu yang dihadapi oleh umat hari ini. Sehingga demikianlah landasan tentang langkah untuk melakukan perubahan secara menyeluruh.

“Hendaknya ada di antara kalian, umat yang menyeru kepada Islam dan memerintahkan pada kemakrufan serta mencegah dari kemungkaran. Mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS Ali Imran: 104
 
"Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia (selama) kamu menyuruh (berbuat) yang makruf, mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah…” (QS Ali Imran: 110)

Wallahu a'lam bisshawwab. [MA].

Baca juga:

0 Comments: