Headlines
Loading...
Oleh. Nur Fitriani

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah tanda awal bulan Syawal. Dimana kaum Muslim telah selesai menjalankan puasa Ramadan selama satu bulan lamanya. Dalam kalender Islam, bulan Syawal adalah bulan penting untuk memperbanyak sunah agar menjadi umat Islam yang lebih baik. Salah satunya  dengan melakukan amalan silaturahmi di bulan Syawal. 

Hikmah Silaturahmi di Bulan Syawal

1. Mendatangkan Ridha dan Rahmat dari Allah SWT

Di dalam hadits Qudsi riwayat Tirmidzi & Abu Dawud, dikatakan bahwa, "Siapa yang menyambung silaturahim, maka akan Aku sambung rahmat-Ku untuknya. Dan siapa yang memutuskan silaturahimi, maka Aku putuskan pula rahmat-Ku untuknya." (HR Tirmidzi & Abu Dawud).

2. Diperluas Rezekinya

Diriwayatkan al- Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa manfaat bersilaturahmi yaitu bisa diperluas rezekinya. "Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia bersilaturahmbersilaturahmi". (HR. Muslim).

3. Diberi Keberkahan Umur

Selain bisa memperluas rezeki, silaturahmi juga bermanfaat dalam keberkahan umur. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, serta dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah SWT dan menyambung silaturahmi." (HR. Al-Bazzar, Hakim).

4. Menciptakan Kesan yang Baik dan Keharmonisan

Selain mengejar keberkahan dan rida Allah swt, silaturahmi saat Lebaran juga bisa menciptakan kesan yang baik. Pasalnya, di momen ini kita akan saling saling bermaaf-maafan satu sama lainnya. Idul Fitri juga turut menjadi momen mempertemukan kembali mereka yang sudah lama tak berjumpa. Rasulullah SAW pernah bersabda ,"Yang disebut silaturahmi itu bukanlah tentang seseorang yang membalas pemberian atau kunjungan, melainkan ialah yang menumbuhkan apa yang telah putus." (HR. Bukhari). 

Dan dengan demikian, tentunya akan menjaga rasa kekeluargaan dan meningkatkan keharmonisan antar saudara-saudara atau orang terdekat di sekitar kita.

5. Menambah Pahala

Adapun yang termasuk dalam manfaat silaturahmi di bulan Syawal yaitu bisa memperpanjang umur. Allah SWT berfirman bahwa ada balasan kebaikan bagi orang-orang yang berbuat baik, dalam Al-Qur'an surat Az-Zumar ayat 10 yang artinya: 
"Katakanlah: Hai hamba-hambaKu yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang yang berbuat baik di dunia ini mendapatkan kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah sangat luas. Sesungguhnya,  hanya orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas."

6. Memperluas Tali Persaudaraan

Sabda Rasulullah, disampaikan dari Abdurrahman bin Auf yang artinya: " Aku telah menciptakan rahim dan telah diberikan untuknya sebuah nama dari nama-nama-Ku. Maka, siapa yang menyambungnya, Aku akan menyambungnya, dan siapa yang memutuskannya, Aku akan memutusnya: dan siapa yang menetapkanya, aku akan memantapkannya." (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, dan Hakim).

7. Sarana untuk mendekatkan diri pada Allah SWT

Apabila kita ingin mendapatkan keberkahan  dan kebahagiaan di dunia maupun akhirat dengan silaturahmi, maka berdoalah kepada Allah swt supaya menuntun kita pada cara yang benar. Mintalah perlindungan agar silaturahmi yang kita lakukan tidak digelincirkan oleh setan. Setan bisa saja masuk serta memalingkan manusia atas penghambaan kepada Allah SWT.

Perintah untuk bersilaturahmi juga tertuang dalam Al-Qur'an. Salah satu ayat tentang silaturahmi ada pada Surat An-Nisa ayat 1, Allah berfirman yang artinya:
 ‘’Hai sekalian mausia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakanmu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya, dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak, serta bertakwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim." 

Wallahu ‘alam bishowab. [ry]

Baca juga:

0 Comments: