Headlines
Loading...
Oeh. Neni Arini

Bergabung di komunitas SSCQ membuat kita akan lebih sering berinteraksi dengan Al-Qur'an. Selain program utamanya itu ‘one day one juz’ plus terjemah, juga setiap tugas kurikulum yang dibuat akan ada ayat terpilih sebagai pelengkap tulisan kita. Jadi sudah pasti memilih ayat disetiap harinya akan selalu dilakukan.

Ada satu tugas kurikulum di SSCQ yang hadir di setiap bulannya. Namanya quiz tebak ayat . Sebuah quiz yang digagas oleh Bunda Lilik yang berupa pertanyaan ayat-ayat Al-Qur'an. Kita bertugas menjawabnya dengan peraturan open mushaf Al-Quran, no gadget apapun, ketika haid boleh buka gadget tapi no googling, kuncinya kejujuran.

Jawaban dikirim kepada PJ Kelompok masing-masing. Kemudian PJ melaporkan ke Bunda Lilik bagi yang memiliki nilai 100 dan disertai jam berapa peserta tersebut setor.

Bagi yang belum mendapatkan nilai 100 para PJ kelompok akan merekap laporan di grup PJ dan Koordinator untuk dievaluasi dan bahan membuat rapot akhir. 

Soal terdiri dari 10 soal, jawaban nilai 100 pertama kali akan mendapatkan hadiah dari Bunda Lilik, kemudian 10 orang pertama posting dapat tiket ‘Literasi khusus’, 10 orang nilai berikutnya dapat tiket Literasi.

Pesan Bunda Jalani Quiz dengan bahagia. Jangan menjadi beban. Libatkan Allah agar diberi kemudahan dan mendapat sentuhan cinta. Berselancar menikmati luasnya samudera ilmu Allah. Semoga dimudahkan menemukan mutiara ayat yang diperlukan. 
Bismillah. Libatkan Allah. Semoga Allah tunjukkan solusi jika antunna ada masalah, wasilah jujur menjawab ‘Quiz Tebak Ayat’. 

Masya Allah quiz ini selalu saya nantikan di setiap kurikulum SSCQ, sampai dipastikan tanggal berapa akan diluncurkan oleh Bunda Lilik. Entah mengapa ada keseruan tersendiri. Suka banget. 

Mengingat pertama kali mengenal quiz tebak ayat, Ya Allah lamanya aku mengerjakan, dua jam duduk sambil serius membuka setiap lembaran Alquran. Leher jangan ditanya kabarnya. Pegel full, tegang dan kepala nyut-nyutan. Maklum pengalaman pertama dan belum tahu triknya. Setelah beberapa kali pengalaman ikut menebak quiz tebak ayat dan kebetulan waktu itu juga ada sharing kelas terkait bagaimana menjawab quiz tebak ayat dengan cepat, kalo nggak salah waktu itu yang menyampaikan Bunda Ramsa dan Mbak Wanti. Akhirnya jadi semakin tahu nih bagaimana menaklukan quiz tebak ayat. Di bulan-bulan berikutnya waktu yang diperlukan untuk menebak jadi semakin cepat. Dan excited banget ketika ada namaku disebut di jajaran penerima tiket literasi. Waaaah senengnya، perjuangan tak sia-sia. Akhirnya muncul juga namaku disebut. Alhamdulillah.

Lambat laun semakin menguasai trik cara menebaknya. Pernah suatu ketika mengirimkan jawaban quiz tebak ayat dengan nilai 100 dan durasi waktu  mengerjakannnya terbilang cepat. Kebetulan pagi itu suami masih dirumah, jadi ikut nimbrung bantu aku menjawab quiz tebak ayat. Tapi ternyata dibantu oleh siapapun tak boleh, dan menggugurkan keinginan menjadi seorang pemenang di quiz tebak ayat ini. Nggak seperti itu Mbak sholiha aturannya, kata Bunda Lilik saat itu, peserta harus mengerjakan sendiri, pikirku ya tak mengapa minta bantuin suami, yang penting mengerjakan, selesai deh. Akhirnya cerita kejujuranku itulah yang membuat Bunda tidak memilihku untuk jadi pemenang. Padahal saat itu waktu tercepat pengiriman yang diterima oleh Bunda Lilik. Itulah rejeki, kalau bukan rejeki selalu saja ada yang menjadi alasan untuk tidak menerimanya. 

Tapi tidak terpilihnya aku jadi pemenang  quiz tebak ayat, tidak menjadikanku kapok untuk mengerjakannya. Justru semangat itu selalu hadir dan terus ada hingga hari ini.

Banyak hikmah yang didapatkan ketika kita sering berinteraksi dengan Al-Qur'an. Membaca Al-Qur’an dapat menjadikan suasana hati dan  sekitar kita menjadi lebih tenang dan penuh dengan keberkahan. Orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan kebaikan dari Allah Swt.

Rasulullah saw. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Maa syaa Allah dari setiap satu huruf yang dibaca kita akan mendapatkan kebaikan didalamnya.

Bahkan ketika kita membaca Al-Qur’an, kemudian mempelajarinya dan mengamalkannya maka kedua orangtuanya dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat.

Hal ini disebutkan sebagaimana sabda nabi Muhammad saw.

 “Siapa saja yang membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari" (HR. Hakim)

Untuk itu marilah kita senantiasa menjadi orang-orang yang senantiasa membumikan Al-Qur'an, karena Al-Qur’an adalah sumber kemuliaan. Siapapun yang menjadikan Alquran sebagai panduan hidup, maka tidak ada yang akan dia dapatkan selain keberkahan dan  kemuliaan. Jadikanlah Al-Qur'an sebagai petunjuk kehidupan.

Para sahabat surgaku... teruslah bersemangat untuk mengikuti quiz tebak ayat. Selain hadiah didapat, ada pahala yang Allah janjikan didalamnya. Kita pun jadi lebih bisa memahami pesan cinta yang Allah sampaikan. Maa syaa Allah tabarakallah. [Ma]

Sidoarjo, 27 Juli 2023

Baca juga:

1 komentar

  1. MasyaAllah Tabarakallah, Barakallah Bunda Hebatku 🥰 Next ditunggu naskah terbaiknya 🥰❤️

    BalasHapus