Headlines
Loading...
Oleh. Neni Arini

Harga kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, akhir-akhir ini mengalami kenaikan yang signifikan. Rasanya aneh, Indonesia sebagai negara agraris dan termasuk salah satu lumbung padi terbesar di Asia,  bisa mengalami kenaikan beras yang sangat luar biasa.

Padahal menurut Bulog Jawa Timur,  memastikan stok beras aman sampai bulan April atau menjelang Lebaran. Jumlah kebutuhan beras diprediksi mencapai 30 ribu ton (SuaraSurabaya.com,6/2/2023).

Kalo memang stok aman seharusnya beras tidak mengalami kenaikan yang signifikan di pasaran . Faktanya harga beras terus melonjak dari hari ke hari. Beras yang merupakan kebutuhan pokok saja terus naik, apalagi dengan harga-harga kebutuhan lainnya. Rakyat semakin tercekik.

Warinten, salah satu pedagang pasar yang mengambil beras Bulog untuk dijual lagi mengatakan beras Bulog cukup diminati masyarakat menengah kebawah. "Banyak yang cari beras Bulog, karena harganya juga lumayan miring. Saya ambilnya Rp43 ribu biasanya saya jual lagi Rp45 sampai Rp46 ribu,” kata perempuan 67 tahun ini (SuaraSurabaya.Com,6/2/ 2023).

Menurutnya, hampir dua bulan ini harga beras mengalami kenaikan. Untuk kemasan lima kilogram yang biasanya dijual seharga Rp55 ribu menjadi Rp58 ribu. Untuk beras jenis premium per 5 kg nya mencapai harga Rp69.5 ribu per hari ini. Bahkan beras- beras yang berasal dari pengepulnya langsung pun sudah mencapai harga Rp65 ribu per 5 kg.

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Tambakrejo Kota Surabaya. Kunjungannya mengecek harga sejumlah sembako (SuaraSurabaya.com,6/2/2023).

Selain Minyakita yang masih langka dan mahal, Mendag menemukan harga beras bertahan menjulang. Ia minta Bulog memastikan stok aman dan merata diseluruh pasar(Suara Surabaya.com, 6/2/2023).

Kenaikan harga beras kian menurunkan daya beli masyarakat, padahal beras ini menjadi pengeluaran paling besar rumah tangga di Indonesia. Karena memang beras menjadi kebutuhan pokok di negeri tercinta ini. Kenaikan harga beras kali ini terjadi di saat pemerintah berencana mengimpor beras sebanyak dua juta ton. Padahal saat ini juga tengah terjadi panen raya, yang seharusnya bisa menekan harga beras.

Mungkin kenaikan harga beras  juga  dikarenakan  banyak yang gagal panen, dan juga karena banyak di makan tikus. Sehingga harga berasnya juga naik. Tapi apakah hanya alasan itu saja?

Banyak petani yang mengeluhkan  biaya pupuk yang sangat tinggi, sehingga ada penurunan produksi beras. Ketika sudah terjadi penurunan, sementara kebutuhan meningkat, menjadi tidak seimbang. Sehingga para konsumen hanya bisa pasrah dengan kenaikan yang terjadi. Berharap pemerintah bisa memberikan solusi terbaik dalam menurunkan harga beras tersebut.

Sampai kapankah ini terus terjadi? Berbagai kenaikan kebutuhan pokok terus merangkak  naik. Tidak hanya di sektor pangan, tetapi di sektor pendidikan dan juga kesehatan sangat terasa dengan biaya yang dibebankan kepada masyarakat hingga hari ini.

Allah berfirman dalam surat An-nisa ayat 58 yang artinya: "Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat". 

Di ayat tersebut sudah sangat jelas bahwa Allah Swt menyuruh para pemimpin negeri untuk dapat menetapkan hukum secara adil.
Hukum Islam merupakan tuntunan dan tuntutan. Ada tata aturan yang harus diikuti oleh hamba manusia sebagai perwujudan dalam mengamalkan Al Qur'an. Dan Islam mengatur kita dalam bermuamalah.

Salah satu bentuk mu'amalah yang dilaksanakan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya adalah jual beli. Jual beli adalah menukar suatu barang dengan barang yang lain dengan cara yang tertentu. Jual beli yang sempurna menurut syariat Islam, yaitu apabila telah terpenuhi semua rukun dan syarat jual beli. Dan tentunya jual beli tersebut saling menguntungkan bagi penjual dan pembeli, dan tidak mengandung riba. 

Dalam jual beli antara penjual dan pembeli tidak boleh saling menzalimi. Larangan riba, keadilan dalam distribusi dan konsep kepemilikan merupakan prinsip yang mendasari sistem distribusi.

Islam meminta umatnya mencari harta dengan cara yang halal dan tidak boleh dengan sekehendak hatinya.

Islam membenarkan hak pribadi, tapi kita tidak boleh menumpuk harta. Karena menumpuk harta dapat mengganggu rusaknya sistem sosial, perbedaan kesenjangan, membuat lemahnya daya beli dan menghambat mekanisme pasar, sehingga tidak tersebar rata kepada masyarakat.

Program Raskin merupakan salah satu dari berbagai program-program pro rakyat 
yang di luncurkan oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Instruksi Presiden Nomor Tahun 2010 tentang Program Pembangunan yang Berkeadilan. Ini adalah salah satu bentuk upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Namun, dalam praktiknya program Raskin ini masih belum sesuai harapan karena masih banyak beras Raskin yang kwalitasnya kurang baik dan tingkat kecurangan serta pembagian secara merata kepada semua masyarakat.

Didalam Islam tidak boleh ada kebijakan yang membuat rakyat  kesulitan. Pemenuhan hajat pangan publik dijamin sepenuhnya oleh negara sebab negara berfungsi sebagai raa’in (pelayan) dan junnah (pelindung).

Sebagaimana sabda Rasulullah saw: 
"Pemimpin adalah pengurus dan dia bertanggung jawab atas rakyatnya". (HR al-Bukhari dan Muslim).

Pemimpin negara menjadi sumber kekuatan pangan dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat sesuai dengan tuntunan syariah Islam.
Sehingga tidak ada campur tangan korporasi asing didalamnya.

Pemerintah harus optimal dan serius  dalam mengelola hasil pertanian Indonesia. Kemanakah jargon Tanah kita tanah surga, tongkat dan kayu bisa jadi tanaman?

Pembukaan lahan-lahan baru, penghidupan tanah mati, pelarangan terbengkalainya tanah harus dilakukan pemerintah untuk mengoptimalkan produksi lahan-lahan pertanian agar stok kebutuhan pangan selalu tersedia untuk rakyatnya.

Seandainya masyarakat mengalami kesulitan membeli pangan, Islam mewajibkan negara  memberikan harta negara yang menjadi hak miliknya kepada orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhannya. Semua di laksanakan melalui mekanisme yang cepat, singkat dan merata. Dan semua itu terwujud ketika Islam diterapkan di semua lini kehidupan. [ry]

Baca juga:

1 komentar

  1. Yups hanya sistem Islam sajalah yang mampu merubah setiap kehidupan. Apalagi di tengah gencarnya permasalahan beras yang kian meningkat naik tak memikirkan rakyat bawahan. So, ayo kembali terapkan sistem Islam secara menyeluruh agar tatanan kehidupan berjalan sesuai keadaan. Barakallah Bunda, Next ditunggu naskah terbaiknya 🥰❤️

    BalasHapus