Headlines
Loading...
Oleh. Iske 

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin, Sofyan mengatakan kejadian itu berada di desa Kalumpang Kecamatan Bungur.  Area yang terbakar kurang lebih 1 hektar dan merambat hingga kepinggir jalan.

Dampak dari kebakaran lahan ini menimbulkan polusi udara yang membahayakan bagi masyarakat dan terjadinya kebakaran ini masih belum diketahui penyebabnya (Antaranews.com, 20/8/ 2023). 

Saat ini banyak sekali terjadi kebakaran hutan dan lahan, semua disebabkan imbas dari adanya konsensi kebijaksanaan yang diberikan untuk perusahaan. Sehingga ini mengakibatkan perusahaan sewenang-wenang melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk kepentingan segelintir orang tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi kepada rakyat.

Terjadinya kebakaran tentu menimbulkan polusi udara karena adanya kabut asap yang dapat menganggu kesehatan dan juga menganggu mobilitas barang. Kebakaran  juga terjadi karena abainya perusahaan  negara dalam menjaga hutan.

Padahal, hutan sebagai paru-paru dunia bisa menjaga kelestarian dan kesimbangan alam. Juga ketiadaan efek jera dari sanksi dan hukum yang diberikan kepada pelaku penyalahgunaan konsesi yang diberikan negara, karena sistem yang dianut saat ini yakni sistem kapitalisme.

Dalam sistem kapitalisme, semua hanya berpatok pada uang saja. Dimana semakin besar modal seseorang semakin berkuasa untuk mengatur dan mendapatkan apa yang diinginkan. 

Maka semua disalahgunakan hanya untuk kepentingan segelintir para pemilik modal dan anteknya, tanpa memikirkan apakah itu merusak atau tidak, halal atau haram dan apakah merugikan rakyat atau pun tidak. Padahal status hutan adalah milik umum jadi tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi dalam mencari keuntungan yang berdampak merugikan dan bisa membahayakan rakyat.

Maka dari itu solusi dari permasalahan ini adalah dengan menerapkan sistem Islam secara keseluruhan. Karena di dalam Islam negara akan mencegah berbagai tindakan merusak alam sehingga mengganggu keseimbangan alam yang akan berakibat bencana munculnya bencana yang akan membahayakan manusia dan makhluk hidup lainnya. 

Sistem Islam mengatur segala aspek kehidupan sehingga mampu menjadi problem solving atas kehidupan. Hanya dalam sistem Islam sajalah negara akan menjamin keselamatan bagi rakyat serta lingkungannya. 

Karena dalam sistem Islam keselamatan nyawa manusia dan mahluk hidup lainnya sangat diprioritaskan dan dijamin oleh negara. Negara dalam Islam berperan sebagai pengatur utama dan pertama bagi seluruh urusan rakyatnya dan negara juga  melayani rakyatnya tanpa pamrih apalagi bisnis. Wallahu a'lam bish shawwab. [ry].

Baca juga:

1 komentar

  1. Yups benar banget, Sistem Islam mengatur segala aspek kehidupan sehingga mampu menjadi problem solving atas kehidupan. Hanya dalam sistem Islam sajalah negara akan menjamin keselamatan bagi rakyat serta lingkungannya. Jika aturan Islam ditegakkan tak akan ada lagi kerusakan, karena hanya dengan sistem Islam semua solusi terpecahkan. Ayo, beralih ke Sistem sesungguhnya yaitu Sistem Islam sempurna. Barakallah Mbak, Naskahnya Next ditunggu naskah terbaiknya 🥰❤️

    BalasHapus