Headlines
Loading...
 
Oleh. Dewi Irawati 

Jika kita lelah dari mengerjakan sesuatu, kita pasti istirahat untuk menghilangkan lelah. Tetapi, tidak dengan Allah. Dia terus mengurus semua yang ada di bumi dan di langit. Dia tak pernah lelah. Dia tak pernah tidur.
Begitu besar kuasa-Nya, tak satu pun yang dapat menyamainya. Biarpun segenap jin dan manusia bersatu beserta seluruh alam ini bersatu, takkan mampu menandingi-Nya. Dialah Yang Maha Agung, maha segalanya.

Sebagai manusia, kita hanyalah makhluk kecil tak berdaya di hadapan-Nya. Kita sangatlah lemah. Segala sesuatunya sangat tergantung kepada-Nya. Sebab kita hanyalah hamba di antara semua ciptaan-Nya. Tanpa pertolongan-Nya kita takkan mampu menghadapi apapun. Dan bagi Allah semua ada pada genggaman-Nya.

Lantas sebagai hamba yang lemah, masih pantaskah kita berjalan di muka bumi ini dengan kesombongan? Seharusnya kita malu. Tak satu makhluk pun yang pantas untuk menyombongkan dirinya yang kecil dan lemah. 

Di antara kesombongan manusia adalah tak mau meminta apapun kepada-Nya. Seolah tak butuh kepada pertolongan-Nya. Seolah mampu mengatasi semua permasalahan hidupnya. Sedangkan Allah tak sedetik pun berhenti mengurus semua makhluk-Nya, baik yang di langit maupun yang di bumi. Allahu Akbar!

Oleh karena itu sahabat, jadilah hamba yang sebenar-benar hamba. Hidup dan mati kita hanyalah untuk-Nya. Ibadah kita hanya tertuju kepada-Nya. Bukan untuk yang lainnya.

Tak sadarkah kita, sekalipun kita lalai terhadap-Nya, Dia tetap mengurus kita. Seandainya kita mendekat kepada-Nya, Dia pun berlari mendekat menghampiri kita. Jangan pernah menjauh dari-Nya. Dekat-dekatlah dengan-Nya. Berkomunikasilah dengan mesra kepada-Nya lewat untaian doamu. Dialah yang Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan permintaan hamba-Nya. Dia tak pernah berhenti mengurus hamba-Nya.
Allah, tidak ada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus- menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.” (QS. Al-Baqarah: 255) 

Wallahualam bissawab. [An]

Baca juga:

0 Comments: