Headlines
Loading...
Oleh. Dewi Kusuma
(Pemerhati Umat)

Setiap orang tentu tak asing dengan benda yang namanya cermin. Ketika kita tak menjumpainya didalam rumah rasa kebingungan. Dari bangun tidur tak sedikit yang langsung melihat cermin. Bahkan di dalam rumah terpasang tidak cukup hanya satu cermin.

Seolah barang yang satu ini sangat penting untuk dimiliki. Bahkan tidak memandang dia itu tua, muda, anak-anak bahkan balita membutuhkan cermin. Tak heran jika cermin ini adalah salah satu barang yang penting dimiliki. Tanpa cermin mana mungkin kita bisa melihat penampilan diri. Memandangi wajah sendiri, memandangi tatanan rambut, ataupun melihat hal-hal lain yang tidak mungkin bisa dilihat tanpa adanya cermin.

Demikian pula dengan kehidupan ini kita butuh untuk interopeksi diri. Butuh muhasabah diri, agar bisa mengontrol apakah kehidupannya sudah sesuai syariat Islam? Hal ini penting sebab kita hidup ini hanyalah untuk beribadah kepada-Nya. Allah pun telah menjadikan Islam sebagai agama terakhir penyempurna agama-agama samawi yang lainnya.

Bercermin diri itu penting untuk mengontrol segala perbuatannya agar tidak menyimpang dari aturan Allah. Segera kembali kepada Allah Swt apabila apa yang dilakukan menyimpang ataupun bertentangan dari syariat Islam. Sebab Islam telah sempurna mengatur seluruh kehidupan kita secara lengkap. Dari terbukanya mata dikala bangun tidur, hingga terpejamnya mata dimalam hari untuk istirahat.

Islam pun mengatur bkita bagaimana bergaul dengan sesama manusia, sesama tetangga bahkan bagaimana penguasa menjalankan roda pemerintahannya  Negara (wilayah) yang dikuasainya harus dijalankan penuh amanah sesuai dengan perintah-Nya.

Demikian pula dalam berkawan, bersahabat dengan orang lain. Wajib bagi kita untuk taat syariat dimanapun tempatnya. Sebab kita mempunyai 2 malaikat penjaga yang selalu taat kepada Allah. Malaikat Raqib dan Atid ini bertugas mencatat segala tingkah laku yang kita jalankan.

Malaikat Raqib (sebagai pengawas) dan Atid (pelapor), keduanya bertugas mencatat dan melaporkan amal perbuatan manusia kepada Allah Swt. Unt5 itulah penting bagi kita untuk selalu memohon kepada-Nya agar dimudahkan dalam menjalani kehidupan dunia ini. Tidak terperosok kedalam perbuatan yang sia-sia.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Hadis tersebut berbunyi:

Seorang mukmin, adalah cermin bagi mukmin yang lain.”

Maka penting bagi kita memilih teman yang saleh. Agar mampu membawa kita kepada ketaatan kepada Allah Swt. Sebab kehidupan yang kita jalankan ini semata untuk mendapatkan rida Allah Swt.

Wallahu a'lam  bishawab
Serang Banten, 2 November 2023.
[Wa]

Baca juga:

0 Comments: