Headlines
Loading...
Oleh. Putri Rayyk

Bahagia adalah satu kata yang ingin dicapai oleh setiap orang yang terlahir di dunia ini. Definisi bahagia setiap orang berbeda-beda, tergantung apa yang ingin ia capai. Ada yang bahagia bila mempunyai uang, ada yang bahagia bila sehat, ada yang bahagia ketika melihat keluarganya juga bahagia, dan lain sebagainya. Bahagia yang seperti itu adalah bahagia ketika kita berada di dunia ini.

Bahagia oh bahagia.
Banyak yang menginginkanmu, banyak pula yang mendambakanmu. Tetapi engkau sulit diraih.

Apakah dengan uang yang banyak kita bisa bahagia?
Apakah dengan barang mewah yang kita akan bahagia?
Apakah dengan tahta yang dimiliki bisa membuat bahagia?

Hai, Sobat. Bahagia yang seperti itu bahagia yang bersifat semu. Bahagia di wajah tetapi hati terasa gelisah.

Apakah engkau mengharap bahagia yang seperti itu? Tentu tidak bukan? Bahagia yang muncul tidak membuatmu gelisah. Ataupun bahagia yang sesaat.

Hai, Kawan. Maukah engkau berbahagia?

Allah Ta’ala berfirman:

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (Surah al-Qashash [28]:77).

Kebahagiaan ada dua di dunia dan di akhirat. Kebahagiaan dapat dirasakan di dunia ini, tetapi bukan kebahagiaan semu yah. Kebahagiaan yang atas dasar materi tidak akan bertahan lama.

Kebahagiaan di dunia dapat dirasakan ketika kita dan keluarga lebih dekat kepada Allah, selalu berkumpul dengan orang-orang yang menebarkan kebaikan dan selalu mengingatkan ketika kita lalai. Yang tak kalah penting bahagia di dunia ketika kita mencintai saudara muslim karena Allah dan berpisah pun karena Allah Swt. 

Allah Swt. akan memberikan naungan kepada hamba yang mencintai-Nya ketika di Padang Mahsyar kelak. Semoga kita menjadi salah satu golongan yang akan diberikan naungan oleh Allah.

Sedangkan kebahagiaan di akhirat adalah kebahagiaan yang hakiki. Bahagia yang hakiki hanya kita dapat ketika kita berada di surga-Nya. Kebahagiaan yang hakiki dapat kita peroleh dengan jalan berbuat amal kebaikan di dunia dan kelak menuainya di akhirat . Serta kebahagiaan yang hakiki di dapat atas rida Allah Swt.

Yuk, sama-sama menebar kebaikan agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat?! [My]

Baca juga:

0 Comments: