Headlines
Loading...
Oleh. Dewi Maharani

Dalam agama Islam, ilmu adalah salah satu jalan yang mengantarkan kita kepada pemahaman yang lebih dalam tentang agama kita dan hubungan yang lebih erat dengan Allah Swt.. Allah berfirman dalam Surat Al-Mujadalah Ayat 11,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:
"Barang siapa yang meniti suatu jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (Sahih Muslim)

Dari Utsman bin Affan, Rasulullah bersabda:
"Sebaik-baik amalan adalah mencari ilmu dan mengajarkannya kepada orang lain." (Ibnu Majah)

Belajar ilmu agama Islam adalah perjalanan yang penuh makna dan pahala. Namun, terkadang, kita mungkin merasa terbebani oleh pemikiran bahwa ilmu agama adalah sesuatu yang sulit dan sudah ketinggalan zaman.

Namun, mari kita ubah pikiran tersebut, karena sebenarnya belajar ilmu agama Islam itu sangat menyenangkan. Adapun beberapa poin, yang dapat membuatkan kita menjadi lebih bersemangat dalam belajar, lalu selanjutnya menjadi menyenangkan adalah sebagai berikut:

1. Mendekatkan diri kepada Allah: Saat kita belajar ilmu agama Islam, kita memahami hukum-hukum Allah, ajaran-Nya, dan tuntunan-Nya dengan lebih baik. Ini membantu kita mendekatkan diri kepada Allah. Semakin kita memahami Allah, semakin dalam hubungan kita dengan-Nya.

2. Kekaguman pada kecantikan ajaran Islam: Islam adalah agama yang indah dan penuh dengan hikmah. Belajar ilmu agama akan membantu kita melihat keindahan dalam setiap ajaran dan praktik Islam. Kita akan mulai menghargai lebih dalam setiap aspek dari agama kita.

3. Kekuatan dalam pengetahuan: Ilmu adalah kekuatan. Ketika kita memahami prinsip-prinsip agama kita, kita menjadi lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kita dapat membuat keputusan yang sesuai aturan Allah dan Rasul-Nya serta kuat dalam berkepribadian Islam.

4. Kesempatan berbagi: Ilmu yang kita peroleh tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk berbagi dengan orang lain. Kita bisa menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan bagi orang lain, dan ini adalah bentuk ibadah yang mulia (amal jahiriyah).

5. Menemukan tujuan hidup: Saat Kita mendalami ilmu agama, kita akan semakin memahami tujuan sejati hidup ini, yaitu beribadah kepada Allah. Kita akan merasa lebih fokus dan bersemangat dalam menjalani kehidupan kita khususnya dalam mencapai keridhoan allah serta syurga firdausnya Allah Swt.

6. Kehidupan yang lebih bermakna: Belajar ilmu agama Islam membantu kita menjadikan setiap aspek kehidupan kita lebih bermakna. Kita akan memahami bahwa agama tidak hanya tentang ibadah ritual, tetapi juga tentang tindakan baik, kebaikan kepada sesama. Kita juga mengetahui bagaimana kerusakan system saat ini sehingga merusak keseluruhan.

Ingatlah bahwa belajar ilmu agama Islam tidak harus berarti membaca buku-buku tebal atau menjadi seorang ulama. Kita bisa memulai dari hal-hal sederhana seperti membaca Al-Qur’an dan terjemahannya, memahami hadis Nabi, atau memahami konsep dasar dalam agama Islam dan yang paling mudah, menyenangkan dan penting adalah mengkaji islam lewat halqah.

Yakinlah, setiap langkah yang kita ambil adalah langkah menuju kebahagiaan yang hakiki. Jadi, mari kita lihat setiap usaha belajar ilmu agama Islam sebagai kesempatan untuk merasakan kegembiraan dan kepuasan dalam mendekatkan diri kepada Allah dan memahami ajaran agama kita yang indah penuh berkah. 

Baca juga:

0 Comments: