Headlines
Loading...
Oleh. Eka Suryati 

Lelahnya seorang muslim dalam menuntut ilmu sangat dicintai oleh Allah karena apabila diniatkan karena mencari rida Allah semata maka akan bernilai sebagai ibadah. Karena dengan menuntut ilmu kita akan mampu beribadah secara baik dan benar.

Ilmu, baik itu yang bersifat ilmu pengetahuan umum maupun khusus membahas agama Islam semuanya sangat penting. Islam sangat menganjurkan kita untuk mempelajarinya. Ilmu akan meningkatkan martabat manusia karena derajatnya ditinggikan oleh Allah.

Berikut surat Al Mujadalah ayat 11:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ - ١١

Artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan."

Allah mengangkat derajat orang-orang yang berilmu karena dengan ilmu akan ada keutamaan yang kita peroleh. Di antara keutamaan dalam menuntut ilmu itu adalah karena ilmu itu adalah warisan para nabi sehingga menjadi jalan yang mudah untuk menggapai surga Allah.

Rasulullah saw.bersabda: 

"Barang siapa menempuh jalan mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga dan sesungguhnya para malaikat membentangkan sayapnya kepada pencari ilmu, karena rida terhadap apa yang ia perbuat."

Orang yang berilmu ketika ia menuntut ilmu sudah dimuliakan sedemikian rupa, setelah ilmu diperolehnya ia pasti akan mengamalkannya dengan cara membagikan ilmunya kepada orang lain. Ilmu yang dibagikannya itu akan mengalir terus walaupun orangnya telah wafat.

"Apabila anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya." (HR. Muslim)

Orang yang memiliki ilmu kualitas hidupnya akan berbeda dengan orang yang malas dalam menuntut ilmu. Ilmu akan memudahkan ia dalam mengatasi masalah-masalah yang sedang dan akan dihadapinya. Tantangan hidup yang semakin komplek dapat diatasi oleh orang-orang yang berilmu karena sudah memiliki solusinya.

Hikmah lain dari orang menuntut ilmu terutama ilmu agama adalah ia semakin bertakwa kepada Allah. Semakin luas ilmunya membuat dirinya semakin mengetahui bahwa ilmunya semata-mata berasal dari Allah. Jadi, apa yang mesti disombonginya di hadapan manusia apalagi Allah sang pemilik ilmu itu sendiri.

Tuntutlah ilmu, jangan pernah malas untuk selalu menambah ilmu baik di dunia nyata maupun melalui dunia maya atau media sosial kita. Ingatlah akan nasehat dari ulama besar kita Imam Syafi'i:

"Bila kau tak mau merasakan lelahnya belajar, maka kau akan menanggung pahitnya kebodohan." [An]

Baca juga:

0 Comments: