Headlines
Loading...
Oleh. Erna Kartika Dewi

Bahagia...
Adalah sebuah kata yang singkat dan sederhana,  tetapi bisa membuat hati menjadi berbunga-bunga.

Dalam hidup, setiap orang pasti mendambakan yang namanya kebahagiaan. Apapun aktivitas yang dilakukan semuanya bertujuan pada yang namanya kebahagiaan.

Pada dasarnya kebahagiaan itu kita sendiri yang menciptakannya. Rasa bahagia yang muncul bisa membuat aktivitas yang dilakukan terasa begitu lancar dan menyenangkan. Meskipun terkadang versi bahagia dari setiap orang itu pasti berbeda-beda.

Letak kebahagiaan bukanlah dengan memiliki istana yang megah, mobil yang mewah, harta yang melimpah. Namun letak kebahagiaan adalah di dalam hati. Yaitu bersyukur ketika diberi nikmat, bersabar ketika ditimpa musibah (cobaan), memohon ampun pada Allah ketika telah terjerumus dalam dosa. Karena sebagai manusia pastinya semua hal-hal tersebut akan sering kita temui dan kita rasakan di dalam hidup.

Nabi Muhammad Saw. bersabda,

لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ ، وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ

"Yang namanya kaya (ghina’) bukanlah dengan banyaknya harta (atau banyaknya kemewahan dunia). Namun yang namanya ghina’ adalah hati yang selalu merasa cukup." 
(HR. Bukhari dan Muslim)

Bahagia itu tidak perlu memiliki segalanya. 
Nikmati dan syukuri apapun yang kita dapatkan dan kita jalani didalam hidup, jangan pernah mengeluh. Karena ketika kita mengeluh, semua rasa bahagia yang kita rasakan itu akan sirna dan berganti dengan kesedihan. Dan jangan pernah pula membandingkan hidup kita dengan orang lain. Terima dan syukuri apa yang kita miliki.

Bahagia itu...
Cukup untuk kita menghargai kekurangan dan kelebihan yang Allah berikan, apapun itu. Karena sesungguhnya apapun yang Allah berikan kepada kita, semua itu pastinya baik menurut Allah.

Semoga Allah memberi petunjuk kepada kita dan memberikan kita surga dunia yaitu dengan memiliki hati yang selalu bersandar pada-Nya. Hati yang selalu merasa cukup itulah yang lebih utama dari harta yang begitu melimpah. Selalu bersyukur dalam kondisi apapun, dan tak pernah lupa untuk mengucapkan Alhamdulillah sebagai rasa syukur kita kepada Allah.

Semoga rasa syukur itu yang nantinya akan selalu membawa kita pada kebahagiaan yang sesungguhnya.

Wallahualam bisshawwab. [Ma]

Baca juga:

0 Comments: