Headlines
Loading...
Oleh. Erna Kartika Dewi

Sebagai seorang muslim, wajib bagi kita untuk menuntut ilmu.
Bahkan ada salah satu hadits nabi yang mengatakan :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِ يْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Tholabul 'ilmi fariidhotun 'alaa Kulli muslimin

Artinya: "Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim." (Hadits Riwayat Ibnu Majah).

Menuntut ilmu sangat diwajibkan bagi kita sebagai muslim.
Menurut Ibnu Abbas, ilmu itu didatangi, bukan mendatangi.

Jadi ilmu itu harus dikejar dengan kesungguhan, keiklasan dan tentu saja meminta pertolongan kepada Allah.
Jika kita mengetahui keutamaan ilmu ini, pastinya akan semakin semangat untuk belajar Islam. keutamaan menuntut ilmu diantaranya yaitu semakin membuat seseorang dekat dengan Allah, diridai malaikat dan membuat penduduk langit  juga bumi tunduk.

Keutamaan menuntut ilmu lainnya yaitu bahwa orang yang paling takut kepada Allah hanyalah seorang penuntut ilmu atau orang yang berilmu.
Karena semakin seseorang itu mengenal Allah yang Maha segalanya dengan begitu sempurna, maka orang tersebut akan lebih takut kapada Allah dan akan terus menjalani hidup ini sesuai dengan standar Allah yaitu menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.
Keutamaan menuntut ilmu juga diibaratkan seperti seseorang yang sedang menuju kepada jalan surga dan didoakan oleh penduduk bumi dan langit.

Masyaallah. Dalam keutamaan menuntut ilmu juga disebutkan bahwa orang yang dipahamkan agama, itulah yang dikehendaki kebaikan.
Dan akan hidup terus setelah matinya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda:
"Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah, ilmu yg bermanfaat, dan anak salih yang mendoakannya." (HR. Muslim no. 1631).

Ilmu juga dikatakan bisa menghidupkan hati sebagaimana hujan menyuburkan tanah.

Menjadi seorang penuntut ilmu itu tidaklah mudah, butuh kesungguhan luar biasa, dan di dalamnya itu biasanya terdapat beberapa kesulitan yang akan kita temui.
Tapi yakinlah kesulitan dan kesusahan itulah yang akan mendekatkan kita kepada Allah Swt.

Ilmu yang kita pelajari juga harus ada manfaatnya, yaitu dengan cara diamalkan dan diajarkan kepada orang lain. Jangan sungkan untuk berbagi ilmu dengan orang lain, jangan takut ilmu kita akan berkurang ataupun diambil oleh orang lain, tetapi sesungguhnya ketika kita berbagi tentang ilmu kita, maka ilmu kita itu justru akan semakin bertambah.

Dan orang yang berilmu itu biasanya akan tampak dari akhlaknya, semakin berilmu akhlaknya pun akan semakin baik, bagaikan ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk.

Semoga kita semua menjadi pribadi yang selalu semangat dalam menuntut ilmu di manapun kita berada dan berapapun usia kita. Semoga bisa menjadi manusia seperti yang dikatakan oleh Rasulullah yaitu sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Semoga sisa umur yang Allah berikan kepada kita, bisa kita manfaatkan sebaik mungkin dengan semua hal-hal yang bermanfaat.
Semoga Allah senantiasa membimbing kita dalam kebaikan, sehingga kita bisa kembali dalam keadaan husnul khatimah.

Aamiin, aamiin Ya Allah. [Hz]

Baca juga:

0 Comments: