Headlines
Loading...
Oleh. Rosi Arlina

Ya Rabb...

Engkau telah memerintahkan hamba-hamba-Mu untuk mencari ilmu. Dengan ilmu adalah jalan untuk bisa mengenal-Mu. Ketika aku telah mengenal-Mu, maka aku mengetahui siapa sebenarnya diri ini dan apa yang harus aku lakukan dalam hidup ini. Setelah aku mengetahui bahwa diri ini seorang hamba, maka sudah kewajibanku harus patuh pada-Mu. Aku telah menemukan tujuan hidup ini adalah untuk mempersiapkan diri kembali ke kampung sejati. Dengan ilmu menjadi pintu keselamatan untuk kehidupan di dunia dan akhiratku.

Dengan ilmu itu mampu menjaga diriku, terjauhkan dari akhlak yang buruk, terjaga dari pengaruh-pengaruh lingkungan yang tidak baik, menahan hati agar tak mudah tertarik dengan godaan dunia yang menipu. Mampu menahan diri ini untuk tidak terhasut semakin jauh mengikuti langkah-langkah setan yang menjerumuskan. Tidak mudah terbudak oleh bujuk rayu nafsu yang bisa membawa diri ini pada kehinaan. Dengan ilmu itu pula aku terselamatkan dari panasnya api neraka, dan mudah-mudahan membawaku ke dalam Surga-Mu.

Namun kembali lagi, terkadang ilmu juga bisa menyengsarakanku. Ketika aku salah meniatkan, tak mengamalkannya hanya sekedar tujuannya untuk berharap pengakuan manusia dan mengejar kesenangan dunia. Aku tahu, ilmu yang bermanfaat itu adalah ilmu yang menjadikan aku semakin cinta pada-Mu.

Ilmu yang membuatku semakin semangat untuk menjalankan ibadah pada-Mu. Ilmu menjadikanku merasa ingin terus dekat dengan-Mu. Ilmu yang membuatku merasakan betapa maha Agungnya Engkau. Ilmu yang semakin membersihkan hati ini, ilmu yang semakin membaguskan akhlak dan memperkuat keimanan serta ketauhidanku pada-Mu.

Ya Rabb..

Salah satu nikmat terbesar dari-Mu, Engkau telah menganugerahkan akal yang sehat ini padaku. Namun akal sehat saja tak cukup, aku harus berdayakan dan manfaatkan dengan memberinya nutrisi ilmu. Dengan ilmu membuat akal ini untuk menemukan kebenaran, kebenaran yang benar menurut Engkau. Karena aku tahu, jika hidup dalam kebenaran dengan sesuai kehendak-Mu maka itulah kehidupan yang Engkau ridai. Kini usahaku adalah berjuang untuk mendapatkan ilmu dengan mencarinya. Aku harus lebih mendekatkan diri kepada orang-orang yang berilmu.

Karena semakin sering mendekati mereka semakin banyak transfer ilmu yang aku dapatkan. Ilmu itu bagaikan mutiara, yang dengannya aku bisa mencapai keinginan dan tujuan utama mendapatkan kebahagiaan abadi. 

Kuatkanlah, mampukanlah, layakkanlah aku ya Allah. Seberat dan sesulit apapun rintangan yang akan aku hadapi, mudah- mudahan dengan kesabaran serta keikhlasan selalu mengobarkan semangatku untuk istiqamah menuntut ilmu.

Menuntut ilmu agama termasuk amal yang paling mulia, dan ia merupakan tanda dari kebaikan. Rasulullah Saw bersabda :

"Orang yang dikehendaki oleh Allah untuk mendapatkan kebaikan, akan dimudahkan untuk memahami ilmu agama"
(HR. Bukhari-Muslim). 

Wallahualam bissawab. [Rn]

Baca juga:

0 Comments: