Headlines
Loading...
Oleh. Choirin Fitri 

Allah tak pernah ingkar pada setiap janji. Dia pun Sang Pemberi segala uji. Pada setiap makhluk yang mencela atau memuji. 

Perhatikan untaian indah janji-Nya yang terlukis dalam Al-Qur'an. Tak layak mendapatkan ingkaran. Pada setiap makhluk-Nya yang masih menikmati kehidupan.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan."

Jika imanmu masih menancap di dada. Ilmu akan membuatmu lebih waspada. Takkan suka menunda-nunda. Menjalankan ketaatan di usia muda, sebelum tua menjadikan kita berbeda. 

Tak ada ceritanya seorang muslim jemu menuntut ilmu. Karena tanpa ilmu, hidup ini hanyalah semu. Tanpa ilmu, takkan ada yang menyalahkan atau membenarkan perbuatanmu. 

Carilah ilmu tauhid, yang 'kan menjadikanmu sebagai abid. Ahli ibadah yang tak stupid. Bodoh dalam syariat yang membuat kita buta dan harus bertaklid.

Wajib bagi kita menuntut ilmu tentang Islam kafah. Tentang bagaimana cara berdakwah. Tentang bagaimana membuat hidup ini lebih terarah. Bukan, malah membuat kita jadi makhluk pongah. 

Lihatlah mereka yang merasa ilmu tak ada guna. Hidup dengan bisikan setan durjana. Menjadikan hidup tempat berlena-lena. Di akhirat dia akan selalu gundah gulana, bahkan jadi makhluk hina. 

Astaghfirullah, sungguh kita tak ingin seperti itu bukan? Kita tak ingin seperti orang kafir yang syariat Allah saja diabaikan. Hidup di dunia acak-acakan. Di neraka Allah bakal membumihanguskan. 

Ayolah jangan jemu dalam berilmu di dunia! Agar engkau jadi orang yang bahagia. Kelak di surga bersuka ria. Karena engkau ditempatkan di samping Rasulullah yang mulia. 

Masyaallah, sungguh nikmat yang luar biasa dari Zat Yang Maha Kuasa. Yakinlah kau mampu alias bisa, terikat syariat Allah dalam segala dasawarsa. [My]

Baca juga:

0 Comments: