Headlines
Loading...
Oleh. Dewi Kusuma
(Pemerhati Umat)

Beriman itu wajib bagi setiap individu muslim. Adanya rukun iman, pasti kita sebagai umat Islam wajib mengimaninya. Jika ada salah satu yang diingkari tentu keimanan kita akan cacat. Jika keimanan cacat tentu kita tidak bisa aman.

Adanya iman agar kita aman. Sebagai keimanan yang tertinggi adalah meyakini adanya Allah. Dengan iman kepada Allah Yang Mahakuasa, Maha Esa, Maha Agung tentu kita wajib untuk melaksanakan seluruh aturan-aturan-Nya. Jika tidak menjalankan perintah Allah satu ayat saja maka kita bukan sebagai manusia yang aman nantinya.

Hukum-hukum Allah itu ada lima, yang bersifat wajib, sunah, makruh, mubah dan haram. Kelima hukum Allah ini, manusia sebagai ciptaan-Nya yang paling sempurna tentunya wajib untuk mentaati semua perintah Allah. Namun demikian Allah tidak memaksakan kehendak-Nya. Manusia diberikan pilihan untuk menjalankannya.  

Jika kita tidak menjalankan secara keseluruhan perintah dan larangan Allah tentu kita tidak lah sebagai manusia yang aman. Allah berikan pilihan sebagai tempat kembali dengan adanya surga dan neraka. Ini adalah tempat kembalinya manusia saat telah meninggalkan dunia. Adanya surga tentu diberikan kepada semua orang yang mentaati perintah Allah Swt. Percaya terhadap semua ayat-ayat Allah yang terdapat dalam Al-Qur'an. Dimana Al-Qur'an ini adalah kitab sucinya umat Islam. Yang wajib untuk dijadikan pedoman dan benteng dalam menjalani kehidupannya. 

Neraka disediakan untuk manusia yang tidak mau taat kepada aturan Allah Swt. Mereka ingkar terhadap ayat-ayat Allah. Tentu dalam hal ini, kita tidak akan menjadi manusia yang aman. Sebab telah menyalahi perintah Allah. 
Antara surga dan neraka ini manusia sendiri yang memilihnya.
  
Setiap insan pasti ingin menjadi orang yang beriman
Setiap jiwa pasti menginginkan surga 
Namun surga diberikan hanya kepada mereka yang taat dan takwa
Menjadikan islam sebagai akidahnya

Islam adalah agama pilihan
Untuk seluruh umat-Nya
Karena Allah telah ridai dan sempurnakan 
Agar umat manusia aman tentu wajib taat terhadap syariat-Nya

Iman dalam Islam merupakan modal untuk menjalankan seluruh hukum-hukum Allah. Menjalankan semua yang diperintahkan dan meninggalkan semua yang dilarang-Nya. Beriman agar kita aman. Aman agar kita bisa masuk ke surga-Nya secara nyaman.

"Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya."

"Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh."
(TQS. An-Nisa: 136)

Wallahualam bissawwab. [Wa]

Baca juga:

0 Comments: