Headlines
Loading...
Oleh. Dewi Irawati

Hidup di dunia ini tak pernah lepas dari berbagai ujian. Dari yang ringan sampai  yang berat. Kalau ujian yang ringan, semua orang sudah pasti bisa melewatinya. Tetapi ujian yang berat, hemm, butuh sebuah kesabaran dan iman yang kuat. Dan hanya orang-orang yang berimanlah yang mampu menghadapi seberat apapun cobaan itu. Mengapa demikian? Sebab orang-orang yang beriman itu menyandarkan hidup dan matinya hanya kepada Allah, sang pemilik kehidupan ini.

Dengan adanya iman di dalam hati, saat problematika hidup datang menerpa, mereka akan menghadapinya dengan tenang, sebab mereka yakin ada Allah yang akan menolongnya. Mereka tidak takut terhadap apapun. 

Lain halnya dengan orang yang tak mempunyai iman yang kuat, mereka akan rapuh, mudah terombang-ambing oleh keadaan, hingga berputus asa dan mengambil jalan pintas. Naudzubillahi mindzalik.

Maka dari itu, sahabat, pupuklah iman kita dengan terus mendekatkan diri kepada Allah. Selalu berpikir positif bahwa setiap kesulitan yang kita hadapi pasti ada kemudahan setelahnya. Kesulitan, kepahitan, kesengsaraan itu adalah cara Allah untuk menguji kekuatan iman kita. Layak kah kita disebut orang beriman? Layakkah kita menempati jannah-Nya kelak? Hal ini sesuai dengan firman-Nya:

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk sùrga, padahal belum datang kepadamu (ujian) sebagaimana orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan), sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, "Bilakah datang pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat." (TQS al- Baqarah :214)

Selama iman kita masih bersemayam di dalam hati, insyaallah semua ujian yang Allah berikan akan dapat kita lalui. Sebab iman adalah sumber kekuatan seorang muslim. Dengan ìman ia akan menghadapi cobaan dengan sabar dan tawakal. Tak mudah mengeluh kepada manusia. Melainkan hanya kepada Allah ia memohon pertolongan. Sabar dan salat, itulah yang dilakukan orang-orang yang beriman untuk menghadapi ujian.

Mereka menyadari bahwa tidak ada orang yang mampu menolak musibah atau cobaan dari Allah swt.. Ujian adalah satu bentuk cara agar Allah bisa menguatkan hati hamba-Nya supaya kita istikamah beribadah dan memperkuat keimanan. Maka dari itu sahabat, yuk kuatkan iman kita dan jadikan iman kita sebagai sumber kekuatan agar kelak menjadi manusia terpilih untuk menempati jannah-Nya. Aamiin Ya Rabbal alamiin. Wallahualam bissawwab. [ry].

Baca juga:

0 Comments: