Headlines
Loading...
Oleh. Ryah

Bismillahirrahmanirrahim,

"Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya untuk jalan menuju Janah-Nya."

Sebuah pendidikan mampu melahirkan orang-orang optimistis karena sebutir optimisme lebih berharga daripada sekarung bakat terpendam.

Dan janganlah pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan.

Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan atau cuma-cuma, namun harus dicari dengan semangat dan dijalani dengan tekun. Pengetahuan tidaklah cukup perlunya penambahan, maka kita harus mengamalkannya. Niat juga tidaklah cukup, maka kita harus melakukannya dan berjuang untuk mendapatkannya.

Kalau bukan karena ilmu, tentulah manusia seperti binatang. Jangan lelah menuntut ilmu dari lahir hingga ke liang lahat. Menuntut ilmu itu wajib bagi semua muslim laki-laki dan perempuan tanpa ada perbedaan.

Teruslah menjadi orang yang mencari ilmu kapanpun dan di manapun berada tanpa mengenal waktu dan lelah. 

Barang siapa yang berjuang mencari ilmu karena Allah, akan dijaga setiap langkah perjalanannya sampai ia kembali.

Belajarlah dari hal-hal yang kecil pada setiap hari, tapi rutin terjadi setiap hari. Setiap yang dilakukan peningkatan kecil setiap hari, hal tersebut akan berarti sangat banyak beberapa tahun yang akan datang.

Ilmu itu dimiliki dengan lidah yang banyak bertanya dan akal yang gemar berpikir, Tuntutlah ilmu di saat kamu miskin, ia akan menjadi hartamu. Tetapi di saat kamu kaya, ia akan menjadi perhiasanmu.

Jangan pernah lelah menuntut ilmu karena  takwa, karena dalam menyampaikan ilmu adalah ibadah, mengulang-ulang ilmu adalah zikir, mencari ilmu adalah jihad.

Carilah ilmu itu seperti halnya ibadah, mengungkapkannya seperti halnya bertasbih, menyelidikinya seperti halnya berjihad, mengajarkannya seperti halnya bersedekah, dan memikirkannya seperti halnya berpuasa.

Ilmu merupakan investasi berharga untuk masa depan. Maka jangan sia-siakan. Karena hidup perlu ilmu, mati perlu ilmu, ilmu untuk kaya, ilmu untuk amal.

Ilmu dan kebijaksanaan itu merupakan sahabat yang setia dalam hidup sampai ketika napas terlepas dari badan. Setiap perjuangan pasti ada hasilnya dan kegagalan akan memberi pelajaran, semoga sukses memberikan  kebahagiaan. [An]

Baca juga:

0 Comments: