Headlines
Loading...
Oleh. Radiyah

Sering kita mendengar hadist Rasulullah saw. yang menyatakan bahwa tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat. Artinya sejak dari dilahirkan sampai ajal tiba.

Tidak ada kata terlambat bagi seseorang yang ingin menuntut ilmu. Selama masih ada kemauan, kesungguhan, keikhlasan, dan kesabaran. Insyaallah kita pasti bisa belajar, mengetahui, dan memahami tentang sesuatu.

Menuntut ilmu merupakan kewajiban dari Allah Swt. dan telah dicontohkan oleh Rasulullah saw.. Terlebih lagi ilmu agama Islam termasuk fardhu ain bagi setiap muslim untuk mempelajarinya, sembari mempelajari ilmu dunia. Ilmu dunia yang kita pelajari sebagai bekal untuk kehidupan akhirat yang abadi.

Jangan pernah merasa malu, ketika kita belum mengetahui dan memahami sesuatu. Teruslah berusaha untuk belajar, belajar dan terus belajar sampai kita memahami, mengamalkan, dan menyampaikannya kepada orang lain.

Apalagi di era serba canggih seperti saat ini, sangat mudah bagi kita untuk menuntut ilmu. Bisa dengan langsung bertatap muka (offline) ataupun bisa juga lewat online. Majelis-majelis ilmu pun sudah banyak secara online. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak menuntut ilmu.

Menghadiri majelis-majelis ilmu adalah salah satu ikhtiar (usaha) yang kita lakukan dalam menuntut ilmu. Keimanan, ketakwaan, keberkahan, kemuliaan akan bisa didapatkan bagi orang-orang yang menuntut ilmu.

Maha Benar Allah yang telah berfirman dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya:
"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan".

Masyaallah luar biasa kemuliaan yang akan Allah berikan bagi orang-orang yang berilmu. Allah akan melapangkan dan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu dengan beberapa derajat.

Tentu kita sangat ingin menjadi orang-orang pilihan Allah yang akan dilapangkan dan diangkat derajat kita oleh Allah Swt. Oleh karena itu, kita harus tetap semangat dan rajin dalam menuntut ilmu, dalam menghadiri majelis-majelis ilmu.

Tidak ada kata malas, repot, tidak sempat atau tidak punya waktu untuk menuntut ilmu terlebih lagi dalam menuntut ilmu agama Islam. Sesungguhnya ilmu Islam itu sangat luas, karena Islam mengatur seluruh aspek kehidupan. Islam mengatur hubungan manusia dengan Allah, mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan mengatur hubungan manusia dengan manusia yang lainnya.

Sesungguhnya dalam kehidupan ini kita sangat membutuhkan ilmu, agar tidak salah dan tidak tersesat dalam menjalani kehidupan. Semoga kita selalu semangat dan istikomah dalam menuntut ilmu, mengamalkan dan menyampaikannya kepada orang lain sampai ajal menjemput kita. Aamiin. [Hz]

Baca juga:

0 Comments: