Headlines
Loading...
Oleh. Eneng Susilawati

Iman adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hidup kita. Iman tidak bisa di jual-beli sebesar apapun harta yang kita miliki. Iman tak bisa diwarisi dari seorang ayah yang bertakwa sebagaimana nabi Nuh alaihis salam dan anaknya. Iman lebih berharga dari dunia dan seisinya, karena bila ada iman sebesar zarah maka akan berakhir di surga-Nya meski harus ke neraka-Nya terlebih dahulu.

Iman artinya percaya. Iman adalah keyakinan dalam hati, diucapkan oleh lisan dan diamalkan oleh anggota badan. Rukun iman ada 6 yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada hari kiamat, iman kepada qadha dan qadar.

Jagalah iman dalam hati kita jangan sampai hilang sirna. Iman akan naik karena ketaatan kita kepada Allah. Iman akan turun karena kemaksiatan kita kepada Allah, jagalah iman kita karena kita bukan malaikat yang senantiasa taat. Pupuk iman ialah ilmu. Jaga iman dengan ilmu dan amal sholeh. Setiap episode kehidupan yang kita jalani adalah ujian keimanan. Allah tahu kita mampu menghadapinya, namun terkadang kita merasa tak kuat. Hanya Allah yang akan menguatkan kita, hanya Allah yang menolong kita.

Allah ingatkan kita dalam al-Qur'an 
Allah subhanahu wata'ala berfirman : "Dan pasti kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang sabar (TQS.Al-baqarah : 155).

Artinya : (yaitu) orang-orang yang apabila  ditimpa musibah, mereka berkata, "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali.(TQS.Al-baqarah : 156).

Kita akan diuji dengan sesuatu yang kita cintai. Kita akan diuji sampai detik itu terhenti. Ada yang diuji dengan kebaikan, keburukan, kemudahan, kesedihan, berlebihan harta.

Ada juga yang diuji dengan kekurangan harta,  kesendirian yang tidak berujung, pasangan hidup, dengan anak, dengan orang tua, diuji dengan penyakit. Kita sama-sama diuji namun ujian kita yang berbeda.

Sikap kita pun berbeda dalam menghadapi setiap ujian yang ditakdirkan-Nya.
Semoga Allah mudahkan kita untuk bisa lulus menghadapi setiap ujian kehidupan yang Allah berikan. Aamiin. [Hz]

Baca juga:

0 Comments: