Headlines
Loading...
Oleh. Erna Kartika Dewi

Membahas tentang iman, sebagian dari kita bisa mengartikan bahwa iman adalah percaya, yaitu percaya yang diucapkan dengan lisan, membenarkan dalam hati dan mengamalkannya dengan perbuatan.

Sebuah keimanan haruslah bisa membuat kita sebagai manusia berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Ketika kita beriman dengan mengucapkan dua kalimat syahadat, maka semua itu mampu merubah semua dalam kehidupan kita menjadi lebih baik lagi.

Iman merupakan sesuatu yang penting dalam hidup kita. Kita membutuhkan iman dalam ibadah kita, ketika sedang diuji, ketika sedang berinteraksi dengan orang lain dan ketika mendapatkan kenikmatan hidup. 

Untuk mencapai keimanan yang baik, harus menggunakan proses berpikir yang baik karena ketika melalui proses berpikir yang baik, maka hasilnya pun akan benar.

Para ulama seperti Imam Malik, Asy Syafi’I dan ahli hadis lainnya menjelaskan :  "iman adalah pembenaran hati, pengakuan lisan, dan amalan yang dilakukan seluruh anggota tubuh."

Imam Syafi’i menambahkan bahwa iman adalah sesuatu yang dapat membawa seseorang senantiasa lebih taat kepada segala perintah Tuhannya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga keimanan dan semua itu bisa kita lakukan jika benar bersungguh-sungguh ingin meraih keimanan tersebut.
Diantaranya yaitu ber-tolabul 'ilmi, rajin membaca Al-Qur'an, menjauhi hal-hak yang mengotori iman seperti penyakit hati, merenungi segala ciptaan Allah, banyak membaca siroh Nabi dan kisah sahabat, banyak berteman dengan orang-orang salih karena keberadaan teman yang salih ini nantinya akan membawa kita untuk selalu dekat kepada Allah. Selain itu teruslah berdoa, rajin berzikir dan memperbaiki salat kita.

Kita membutuhkan iman dalam segala hal di kehidupan kita dan jangan pernah terpikir untuk menukar iman kita dengan apapun sekalipun dalam keadaan terjepit.
Sesungguhnya iman itu meningkat karena ketaatan kita kepada Allah dan iman menurun karena kesalahan kita.

Jagalah iman kita sampai ujung usia kita.
Semoga kita senantiasa menjadi pribadi yang selalu taat kepada Allah dan senantiasa mendapat keberkahan dari-Nya di setiap jejak langkah kita. Wallahualam bissawab. [ry].

Baca juga:

0 Comments: