Headlines
Loading...
Oleh. Erna Kartika Dewi

Ada banyak cerita yang ditorehkan ketika menjalani kehidupan ini. Ada banyak cerita yang hadir setiap harinya. Ada cerita kebahagiaan, dan adapula cerita tentang kesedihan. Karena sejatinya perjalanan hidup itu tidak akan mungkin berjalan mulus terus tanpa ada kerikil-kerikil yang kita temui di sepanjang perjalanan kita.

Menjalani jatuh bangun kehidupan adalah sesuatu yang wajar, apalagi bagi para pengemban dakwah, karena di situlah ujian keimanan dan keyakinan kita kepada Allah.
Mampukah dan sanggupkah kita menghadapi semuanya? Ketika ujian menyapa, apakah kita akan terus bersandar kepada Allah ataukah akan menyandarkan diri pada hal-hal yang lain?

Sebagai manusia biasa, ketika menghadapi semua itu pastinya ada rasa lelah yang dirasa. 
Bahkan dalam keseharian, ketika melakukan aktivitas yang begitu padat  pun terkadang ada rasa lelah yang selalu dirasa.
Tapi harus kita kita ingat dan kita pahami, ketika lelah istirahatlah jangan menyerah.
Allah itu sudah menyiapkan semuanya dengan begitu sempurna untuk kita. Allah sudah mengatur semuanya tanpa ada yang memberatkan kita dan sudah memberikan solusi dari semua keluhan-keluhan kita.
Dalam Al-Qur'an Allah berfirman :

"Dialah yang menjadikan malam bagimu agar kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang-benderang. Sungguh, yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar."
(QS. Yunus: 67).

Dari ayat tersebut, bisa kita lihat betapa Allah sudah mengatur semuanya dengan begitu sempurna untuk kita. Kita hanya tinggal menjalani semua yang Allah perintahkan saja dan menjauhi semua yang dilarang oleh Allah.
Lagipula dunia ini memang tempatnya kita merasakan lelah. Karena di dunia ini adalah waktunya kita untuk mengumpulkan pahala kebaikan sebanyak-banyaknya demi meraih rida Allah. Dan untuk mengumpulkan pahala-pahala itu ada banyak hal dan perjuangan yang harus kita lakukan.
Perjuangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas meskipun rasa lelah selalu datang menghampiri.

Tak mengapa rasa lelah itu kita rasakan sekarang. Selalu berharaplah agar semua lelah yang kita rasakan bisa berubah menjadi lillah.

Tetaplah bersemangat untuk melakukan semua hal yang bernilai kebaikan. Manfaatkanlah setiap detik waktu yang kita miliki serta nikmati usia yang masih Allah berikan untuk kita. Jangan banyak mengeluh, lakukanlah semuanya semata-mata demi meraih rida-Nya. Karena sesungguhnya dunia adalah tempatnya kita untuk berlelah-lelah, dunia adalah tempatnya kita berjuang untuk mendapatkan kebahagiaan yang abadi nantinya.

Ketika satu pertanyaan muncul.
Kapan kita akan istirahat?
Maka jawabannya kita akan istirahat dan menikmati semua kebahagiaan hidup yang abadi setelah berada di Jannah-Nya nanti .
Wallahualam bissawab. [Hz]

Baca juga:

0 Comments: