Headlines
Loading...
Oleh. Artatiah Achmad

Manual book berisi informasi  spesifikasi suatu produk, memuat aturan untuk mengoperasikan suatu produk sehingga produk tersebut akan berfungsi dengan baik,  awet, dan bertahan lama. 

Setiap kita membeli produk elektronik baru, biasanya kita selalu mendapatkan manual book produk tersebut. Misalnya saat kita membeli handphone baru, atau saat membeli televisi maupun radio baru, pasti di kardusnya ada manual book. 

Apa jadinya ketika kita mengoperasikan suatu barang elektronik tanpa mengikuti instruksi dari manual book atau bertentangan dengan manual book? Tentu barang elektronik  itu tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan bisa jadi cepat rusak!

Demikian juga dengan penciptaan manusia. Allah menciptakan manusia disertai dengan petunjuk dalam mengarungi kehidupannya supaya manusia selamat di dunia dan akhirat.

Allah Swt. berfirman di dalam Al-Qur'an surah Al Insan: 2-3 yang isinya menjelaskan tentang  penciptaan manusia dari setetes air mani yang bercampur. Allah Swt. menguji manusia dengan diberi perintah dan larangan.
 
Dengan perintah dan larangan tersebut, Allah Swt. ingin melihat sejauh mana manusia itu taat terhadap perintah dan menjauhi larangan-Nya. Allah Swt. menjadikan manusia mendengar dan melihat, sehingga manusia bisa mendengar dan melihat petunjuk dari Allah Swt.

Petunjuk/ manual book bagi manusia berupa Al-Qur'an dan hadis. Al-Qur'an menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Jika manusia mengikuti petunjuk tersebut,  maka manusia akan selamat. Sayang, walau  Allah telah menunjukkan jalan lurus (Islam), namun manusia tetap banyak yang ingkar. Banyak yang lebih senang mengikuti jalan yang berkelok/ jalan sesat, yaitu jalan kufur. 

Allah Swt. menjelaskan  di dalam surah Al Maidah:16 "Dengan kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridaan-Nya kepada jalan keselamatan." Ada pelajaran penting dari ayat ini. Seorang hamba yang rida  dengan ketentuan Allah akan diberi petunjuk, yaitu Al-Qur'an yang mulia. Harapannya tentu mendapat keselamatan di dunia dan akhirat.

Jadi, sebagai manusia yang cerdas dan berakal sehat, sudah sepatutnya berusaha memilih jalan yang lurus, jalan yang akan menghantarkan manusia kepada kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Itulah jalan Islam yang memiliki kitab suci Al-Qur'an sebagai manual book untuk manusia. 
Wallahualam bissawwab. [My]

Baca juga:

0 Comments: