Headlines
Loading...
Oleh. Kamila Khairani

Sahabat, kita memahami akan pentingnya ilmu dalam kehidupan ini. Dia sebagai lentera dalam hidup yang menjadikan hidup kian lebih berarti dan terarah. Dalam Islam, menimba ilmu itu diwajibkan bagi setiap mukmin, terlepas apakah ia laki-laki atau pun perempuan, tak ada perbedaan kewajiban dalam perihal menimba ilmu. 

Bagi seorang yang mencari ilmu dan orang-orang yang berilmu, maka ia akan memiliki keutamaan yang banyak ketimbang mereka yang tidak melakukan aktivitas menuntut ilmu dan orang-orang yang tidak berilmu. Karena dalam sebuah nash syara' menjelaskan hal berikut:

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: "Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Muslim, no. 2699).

Maka alangkah bahagianya bila kita senantiasa melakukan aktivitas mencari ilmu karena selain menggugurkan kewajiban pada Allah Swt, ini juga akan mengantarkan kita kepada puncak kemuliaan tertinggi yaitu rida Allah Swt dan surga-Nya. 

Maka wajar, saat Islam diterapkan dalam semua aspek kehidupan di bawah pemerintahan Daulah Islam, bermunculan para ilmuwan dan cendekiawan muslim yang memang didukung dan difasilitasi penuh oleh negara. Sebab kaum muslimin akan terus berfikir untuk memajukan Islam dan kaum muslimin, hingga menciptakan penemuan-penemuan baru dan juga inovatif. 

Kaum muslimin akan terus berupaya semaksimalnya dalam melakukan riset dan penemuan dalam rangka memudahkan beribadah pada Allah Swt dan memudahkan dalam hal keduniawian. 

Sebut saja kloset, jam, kompas, pesawat terbang, lampu, universitas, rumah-rumah sakit, madrasah-madrasah dan lain sebagainya itu ada karena dorongan semata untuk beribadah pada Allah Swt. 

Sahabat muslimah, marilah kita senantiasa menempa diri dengan ilmu dan tsaqafah Islam sebanyak mungkin karena generasi yang kuat dan hebat tidak akan lahir dari rahim perempuan biasa-biasa saja. Dan yang terpenting, selama kita menimba ilmu, selama itu pula pintu surga diperuntukkan bagi kita. 

Wallahualam bissawab. [Wa]

Baca juga:

0 Comments: