Headlines
Loading...
Oleh. Nurul Bariyah

Menuntut ilmu adalah wajib.Allah memerintahkan manusia untuk menuntut ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat. Oleh karena itu, sebagai hamba yang taat kita wajib mematuhinya. Rasulullah saw.pernah bersabda: "Barangsiapa mendatangi majelis-majelis ilmu, maka dibukakan baginya pintu menuju surga." (HR. Muslim)

Begitu istimewanya para penuntut ilmu di mata Allah. Maka barangsiapa yang mengabaikan kesempatan ini adalah orang yang merugi. Bisa menuntut ilmu terutama ilmu agama adalah merupakan rezeki yang besar, nikmat yang tak terhingga. Nikmat menuntut ilmu dapat dirasakan bagi mereka yang menuntut ilmu dengan ikhlas dan istikamah.

Berikut beberapa keistimewaan bagi orang yang menuntut ilmu:
1. Dimudahkan jalan menuju surga
2. Mendapatkan ilmu yang bermanfaat
3. Mengambil warisan para nabi 
4. Tidak terlaknat oleh Allah
5. Mendapat pahala berlipat
6. Ilmu bisa menjadi amal jariyah
7. Penduduk langit dan bumi memintakan ampunan, dan masih banyak lagi.

Namun apakah semua orang mau menuntut ilmu? Tidak semua orang mau menuntut ilmu. Apalagi orang-orang yang menutup hatinya hingga sekeras batu. Allah hanya memberi petunjuk bagi orang yang dikehendaki-Nya. Sebab itu kita patut bersyukur disaat kita termasuk dalam orang-orang yang menuntut ilmu terlebih ilmu agama, yang apabila ilmu yang kita dapat kita bagikan lagi kepada orang lain, maka ilmu itu akan menjadi pahala jariyah yang akan terus mengalir hingga kapan pun, meski kita telah tiada.

Betapa berharga ilmu dan istimewanya para penuntut ilmu. Karena itu jangan sia-siakan kesempatan untuk menuntut ilmu, selagi kita masih diberi umur panjang, kesehatan, dan waktu yang luang untuk menuntut ilmu. 

Allah berfirman dalam surah Al-Mujadilah ayat 11 yang berbunyi:
 
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ 

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.

Wallahualam bissawab. [An]

Baca juga:

0 Comments: