Headlines
Loading...
Oleh. Lilik Yani

Istilah baper menjadi trend topic di kalangan anak muda. Baper bisa diartikan bawa perasaan, yang disinyalir menggiring banyak remaja menuju kegalauan. Tak terkecuali pemuda muslim. Jadi pemuda Baper (Bawa Perasaan)? Wow, gak banget deh.

***

Maka dari itu, daripada jadi pemuda Baper (Bawa Perasaan) yang sangat tidak jelas, lebih baik istilah Baper (Bawa Perasaan) diubah menjadi Baper yang berarti Bawa Perubahan. Kereen ya?! So, yuk move on dari pemuda 'bawa perasaan' menjadi pemuda 'bawa perubahan'. Setuju?

Menjadi pemuda yang membawa perubahan jauh lebih seru. Lebih menggambarkan proses move on (bangkit) ke arah yang lebih baik. Daripada pemuda bawa perasaan yang larinya pada budaya hidup pesimis dan hari-hari yang terasa hambar bagai sayur tanpa garam. Gak banget deh pokoknya.

Pemuda Baper adalah mereka yang menjadikan dirinya lebih baik dari yang sebelumnya dan mengajak orang lain menjadi lebih baik sesuai dengan aturan Islam. Pemuda Baper adalah mereka yang selalu memberikan aksi, mempersembahkan prestasi serta menyumbangkan kontribusi yang nyata untuk mengatasi problematika umat.

//Menjadi pemuda Baper, penting gak sih?//

Sebenarnya bukan masalah penting atau gak penting Shob, tapi ini menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi melihat kondisi saat ini yang kacau balau, semua lini kehidupan mengalami kerusakan. Kalau pemuda yang ada saat ini jadi generasi alay dan Baper (Bawa Perasaan), apa jadinya masyarakat di negeri ini?

Masyarakat sejatinya membutuhkan pemuda yang bisa berfikir apa akar masalah umat yang menyebabkan semua lini kehidupan mengalami kekacauan. Masyarakat membutuhkan pemuda yang memiliki konsep cemerlang tentang solusi dari problematika umat yang semakin menumpuk minta untuk segera mendapat penyelesaian.

Masyarakat membutuhkan konsep solusi yang jelas dan ada kontribusi nyata sebagai generasi yang dapat membawa perubahan.

//So, gimana caranya agar bisa menjadi pemuda Bawa Perubahan?//

Langkah-langkah yang harus dijalani agar bisa move on menjadi pemuda Bawa Perubahan antara lain :
1. Yuk Ngaji

Perubahan tingkah laku diawali dari pemikiran. Untuk bisa mengajak orang lain kepada kebaikan. Maka kita harus memperbaiki diri kita sendiri terlebih dahulu. Jangan sampai kita dibilang hanya omong doang. Hanya bisa menyuruh, sementara dirinya sendiri tidak melakukan kebaikan.

Untuk bisa melakukan kebaikan, kita harus paham dulu ilmunya. Agar amal yang dilakukan benar. Maka kita harus rajin menuntut ilmu agar tahu halal haram, benar salah dari aktivitas yang kita lakukan.

So setelah tahu ilmunya, maka kita menjalankan ilmu yang sudah dipahami dalam kehidupan nyata. Dan menjadikan diri sebagai teladan bagi orang-orang sekitar agar mereka juga menjadi baik pula.

Dengan mengaji kita dibina, agar nantinya bisa membina orang lain, menuju ke arah yang lebih baik.

2. Aktif dalam kegiatan dakwah berjamaah.

Untuk mengubah masyarakat yang kondisinya sudah bermasalah di seluruh aspek kehidupan, memang memerlukan tenaga dan waktu ekstra. Maka dari itu perlu sinergi kekuatan dengan orang lain yang memiliki visi dan tujian yang sama.

Kita perlu menyatukan kekuatan dalam melakukan perubahan yang lebih baik. Apalgi yang harus dibenahi adalah seluruh aspek kehidupan.

3. Istikamah dalam kebaikan

Jaga istikamah. Aktivitas yang sulit jika tidak dibiasakan. Maka istikamah dalam aktivitas kebaikan. Jangan sampai keluar dari rel kebaikan dan perjuangan.

Teruslah berjalan meski tertatih-tatih. Yang penting tetap dalam rel perjuangan dengan penuh semangat.

Wahai shobat muda, teruslah berjuang. Sampaikan kebenaran Islam kepada siapa saja yang kalian temui. Ajak mereka kembali ke jalan Allah. 

Sob, jadikan dirimu teladan. Agar mereka tahu, bahwa aturan Islam itu indah jika diterapkan. 
Apalagi jika penerapan syariat Islam itu dalam seluruh aspek kehidupan. Maka Islam akan kembali memimpin dunia.

So, jadikan diri kalian sebagai pemuda Baper yang move on, bangkit membawa perubahan menjadi lebih baik. 
Jadikan diri kalian bagian para pejuang yang memperjuangkan kebenaran dan mengembalikan kejayaan Islam.

Semangat dan sukses untukmu shobat muda, terus Baper Bawa Perubahan, demi meraih rida Allah.
Allahu Akbar! [Ys]

Baca juga:

0 Comments: