Headlines
Loading...
Oleh. Umi Hafizha

Ilmu dan iman merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Iman yaitu berisi tentang kebenaran yang nantinya akan mengatur hubungan manusia dengan Allah Swt. Sedangkan ilmu sendiri merupakan sebuah produk dari akal manusia yang sudah melewati atau melalui penelitian ilmiah.

Islam menempatkan atau memposisikan orang beriman dan berilmu dangat istimewa. Di dalam Al-Qur'an dijelaskan bahwa orang yang berilmu dan beriman diberikan derajat yang tinggi dalam kehidupan. QS.Al Mujadilah ayat 12 menjelaskan bahwa, "Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat."

Dengan adanya iman akan mendorong kita untuk berbuat baik semata-mata untuk mendapatkan rida Allah. Dengan ilmu akan membantu kita untuk menemukan cara yang tepat untuk mendorong kita untuk berbuat kebaikan. Maka dari itu, dengan iman mengajarkan kita untuk mempunyai komitmen untuk mencapai nilai-nilai luhur. Dengan iman dan ilmu akan menjadikan kita orang yang baik dan mengetahui cara yang tepat untuk merealisasikan kebaikan tersebut.

Dengan iman dan ilmu akan menghantarkan semua muslimin menjadi manusia yang dihormati dan dihargai dan di akhirat akan mendapatkan kebahagiaan yang abadi. Orang-orang yang berilmu, ilmunya akan menghantarkan mereka ke jalan iman, dan semuanya akan ditingkatkan derajatnya oleh Allah Swt.

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya mendasari hati kita beserta kehidupan kita dengan iman dan ilmu, sehingga kita tidak terpengaruh oleh hal-hal yang buruk yang membawa pengaruh negatif dan selalu berada di jalan yang lurus. Manusia yang mempunyai ilmu pasti akan tahu kepada siapa dia harus beriman dan merealisasikan keimanan dalam kehidupannya semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah. Sedangkan ilmu itu yang akan menghasilkan keimanan dan akan mewujudkan sikap tawadhu kepada Allah Swt.

Maka dari itu, antara ilmu dan iman mempunyai hubungan yang saling mendukung. Ilmu itu untuk menguatkan iman dan untuk memperbaiki amal saleh dan kebaikan. Sudah saatnya kita sebagai seorang muslim harus memiliki iman dan ilmu dalam menjalani kehidupan. Itulah yang akan menghantarkan kita dalam ketaatan kepada Allah Swt. Wallahualam bissawab. [Hz]

Baca juga:

0 Comments: