Headlines
Loading...
Oleh. Sri Purwanti

Sobat, menjadi yang terbaik adalah impian setiap jiwa. Karena dengannya kita bisa menjadi lebih berharga.

Bayangin deh, seumpama di sekolah aja nih. Ketika kita menjadi juara umum pertama. Gimana rasanya?

Senang, bangga, bahagia? Tentu saja! Di samping itu, kita pun bisa merasakan bagaimana penerimaan sekitar terhadap kehadiran kita. Semua penuh kehangatan, enggak pernah mengabaikan.

Begitu juga di tempat lain. Entah itu tempat kerja, masyarakat, komunitas, di mana pun itu. Ketika kita menjadi yang terbaik, sungguh kita juga akan merasakan hal yang sama. Martabat dan kehormatan seakan ditinggikan.

Enggak usah ditanya lagi ya, siapa yang mau menjadi yang terbaik. Pasti semua mau lah ya!

Well, kalau menjadi yang terbaik di hadapan manusia saja, bisa bikin kita bangga dan sangat bahagia. Apalagi jika predikat itu disematkan langsung oleh Sang Pencipta. Ya 'kan? 

Bukan hanya bangga, bukan hanya bahagia. Bahkan bisa bikin martabat kita naik seketika. Enggak tanggung-tanggung. Terangkat sempurna, Sob. Jaminan balasannya, surga pula. Keren enggak tuh?

Siapa umat terbaik itu?

Itu Kamu! 

Hah?

Iyaps, Sob. Kabar gembira banget ini, Allah sendiri lho yang udah bilang. 

Yuk kita simak di surah Ali Imran ayat 110.

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah...." 

Nah, kata Allah, kamu bisa banget jadi umat terbaik. Iya kamu. Khususnya buat kamu yang mau menyeru kepada yang makruf alias kebaikan. Juga mencegah dari yang munkar alias keburukan. Simpelnya kita mau berdakwah gitu deh. 

Yes, saat kita terus mengajak sobat yang lain untuk lebih baik. Itu dakwah! Terus kalo ada yang berbuat keburukan. Kita bersegera mengingatkan. Itu juga dakwah! Tentunya dengan cara yang baik ya, Sob. Jangan diam-diam bae!

Selain itu, yang enggak kalah pentingnya lagi. Dalam berdakwah itu, kita lakukan atas dasar keimanan pada-Nya. So, kebaikan dan keburukan juga kudu versi Dia ya, Sob. Bukan versi firasat atau juga feeling kita. Dengan begitu, segala apapun yang kita lakukan. Enggak bakalan melenceng dari ketentuan-Nya. Sehingga predikat umat terbaik, bisa banget kita dapatkan. 

Siap menjadi umat terbaik?

Sambas, 3 November 2023
[Rn]

Baca juga:

0 Comments: