Headlines
Loading...
Oleh. Rina Herlina 

Kasih sayang seorang ibu memang tidak perlu diragukan lagi. Seorang ibu akan melakukan apa saja untuk anak-anaknya, bahkan jika nyawa harus dikorbankan pun, maka ia pasti rela mengorbankannya. Begitulah hakikatnya seorang ibu. Dia akan berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya sekalipun dia harus mengorbankan banyak hal yang disukainya.

Sosok ibu adalah sosok wanita yang tercipta begitu mulia dan istimewa. Saking istimewanya, Allah Swt. memerintahkan umat manusia untuk sepenuhnya berbakti pada sosok ibu. Lantas, apa yang membuatnya menjadi wanita yang begitu mulia dan istimewa?

Ibu adalah sosok yang memiliki cinta paling tulus untuk anak-anaknya. Hakekatnya, perempuan terlahir dengan hati tulus dan lemah lembut. Cinta dari seorang ibu adalah cinta yang sejati. Sosok ibu tak 
pernah mengeluh ketika dirinya harus mengandung selama sembilan bulan serta merawat buah hati siang malam. Tanpa diminta, sosoknya akan selalu ada untuk anak-anaknya.

Dalam sebuah riwayat, seorang sahabat Rasulullah pernah bertanya, "kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?" Rasul pun menjawab, "ibumu!" Sahabat tersebut kembali bertanya, "lalu kepada siapa lagi?" Rasul pun menjawab kembali, "ibumu!" Sahabat tersebut kembali bertanya, "kemudian siapa lagi?" Rasul menjawab lagi, "ibumu!" Dan saat sahabat bertanya kembali dengan pertanyaan yang sama untuk keempat kalinya, barulah Rasul menjawab, "ayahmu." (HR Bukhari dan Muslim).

Sosok ibu tidak pernah mengeluh ketika anak-anaknya tak memperlakukannya sebaik saat ia memperlakukan anaknya saat masih kecil. Seberat apapun problem yang dihadapi, sosoknya akan selalu menampilkan sikap tegar nan elegan, sikap kuat dan sikap baik-baik saja. Pada saat anak merasa bahagia, orang pertama yang jauh lebih bahagia adalah ibu. Begitupun saat anak merasa sedih, orang pertama yang akan jauh lebih sedih adalah seorang ibu.

Dalam mencapai sebuah cita-cita pun, selain berusaha dengan sungguh-sungguh, seseorang di wajibkan pula untuk berdoa dengan sungguh-sungguh. Dan jangan lupa untuk meminta restu orang tua terutama kepada sosok spesial yaitu Ibu. Bagaimanapun juga, restu semesta bergantung pada restu ibu. Sosok ibu yang sangat istimewa dan mulia di mata Allah sang pencipta, menjadikannya sebagai sosok yang di tinggikan derajatnya.

Ibu adalah sosok yang begitu penting dan istimewa. Bagi semua anak, wanita yang senantiasa kita panggil mama, ibu, mom, atau umi ini adalah sosok yang begitu mulia dengan untaian kasih sayang tulus tiada duanya. Seburuk dan senakal apapun perilaku kita, sosoknya akan selalu ada bersama kita, menerima sepenuhnya kekurangan-kekurangan kita. Ia bahkan tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian sekalipun seluruh dunia membenci dan meninggalkan kita. Doa-doa ibu adalah doa yang paling ampuh dan sakti. Restunya pun restu yang paling diberkati.

Saat kita dilanda perasaan hancur dan sedih, Ibu akan siap sedia dan selalu ada menjadi pendengar sekaligus penasehat terbaik. Menceritakan segala kebahagiaan dan kesedihan terhadap sosok ibu, akan membuat kita merasa sangat nyaman, tenang dan terlindungi. Serahasia apapun masalah kita, saat kita bercerita kepada ibu, ia akan senantiasa menyimpan rahasia tersebut dengan sangat baik.

Ibu adalah seorang wanita yang tercipta paling istimewa karena dirinya begitu cantik dan mempesona, masakannya paling enak, sedap, ngangenin, nasehatnya begitu berharga, doanya akan diaminkan semesta, restunya selalu diberkati, dan dialah pendengar terbaik untuk semua keluh kesah kita. Seseorang yang kita sebut Ibu karena telah melahirkan kita, dialah sosok yang begitu sempurna dan paling berharga. Ibu... terimakasih karena sudah memberikan yang terbaik untuk aku dan adik-adikku.

Puisi ini untukmu ibu!

Ibu
Oleh. Rina Herlina

Dalam diam mu tersimpan berjuta rasa
Dalam senyum mu tersimpan banyak luka
Kau tak pernah cerita
Bagimu, lukamu hal biasa

Melihat aku tumbuh tanpa kekurangan
Membuat hatimu riang tak berkesudahan
Kau tak peduli berapa kali kau sakit dan terluka
Bagimu, kebahagiaanku adalah segalanya

Ibu
Mengapa hatimu selembut itu?
Membuatku tak pernah gamang dalam menjalani hidup
Karena senyummu selalu menenangkan dan menghiasi hari-hariku

Ibu
Kau selalu bangun lebih pagi
Menyiapkan semua kebutuhan kami
Tak pernah absen setiap hari

Ibu
Tidakkah kau lelah dengan semua itu?
Dalam hati dan pikiranmu hanya tentang kami
Hanya tentang kebahagiaan kami
Padahal dirimu-pun berhak bahagia 

Ibu kini aku tahu 
Bahwa begitulah seorang Ibu
Tak banyak kata, namun dalam hati selalu berdoa
Berdoa yang terbaik untuk anak tercinta

Berbicara tentang sosok ibu tidak akan ada habisnya, dengan segala pengorbanan yang sudah dilakukan pantaslah jika sosok ibu begitu dimuliakan. 

Ibu, aku haturkan banyak terimakasih untuk segala hal yang sudah dikorbankan. Maaf jika hingga detik ini aku masih merepotkan. Semoga engkau selalu dalam lindunganNya, bahagia dunia dan akhirat. Aku tahu hari-hari mu begitu sulit, namun yakinlah jika itu semua akan menjadi catatan amal untuk mu kelak. Bahagialah Ibu...[Hz]

Baca juga:

0 Comments: