Headlines
Loading...
Oleh. Erna Kartika Dewi

Islam dan peradaban merupakan dua hal yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Kedua istilah tersebut tanpa kita sadari selalu berjalan beriringan.

Peradaban yang kita pahami adalah suatu gambaran tentang kehidupan di masa lalu yang mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat dimasa sekarang. Sebagai muslim pastinya kita menghendaki suatu peradaban yang semakin baik daripada masa-masa sebelumnya, dan ketika kita menghendaki semua perubahan itu pastinya kita harus selalu memperhatikan hubungan antara kita dengan Allah, hubungan antara kita dengan alam semesta dan juga hubungan antara kita dengan sesama manusia. Semua itu harus berjalan seimbang agar bisa diperoleh suatu peradaban yang sesuai dengan keinginan kita.

Peradaban ini dulunya diterapkan pada masa pemerintahan Rasulullah dan pastinya semua yang dilakukan akan selalu berdasarkan pada hukum-hukum Allah salah satunya adalah Al-Qur'an. Al-Qur'an adalah manual instruction bagi kita sebagai umat muslim. Berbahagialah kita menjadi umat muslim dan menjadi umatnya Nabi Muhammad saw., berbahagialah kita mempunyau sebuah petunjuk hidup yang sangat jelas dalam mengatur semua pola hidup kita yaitu Al-Qur'an. Karena pentingnya Al-Qur'an ini, didalam Al-Qur'an disebutkan bahwa :

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS. Yunus:57).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa bahwa sungguh telah datang kepada manusia Al-Qur'an yang akan memberikan petunjuk kepada jalan yang lurus dan mengeluarkan manusia dari kegelapan. 

Ketika kita menginginkan suatu perubahan itu muncul dalam kehidupan kita, maka kita harus terus menerus berpegang pada Al-Qur'an agar apa yang kita lakukan itu bisa menjadi lebih baik nantinya. Kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam menghadapi masa depan yang lebih baik lagi.

Jadikan diri kita penuh dengan ilmu sebagai modal utama kita dalam menyongsong peradaban Islam harapan kita. Karena kita tidak mungkin menjadi pribadi asal-asalan jika memang menghendaki suatu perubahan yang baik.

Karena itu, mari bersama-sama membenahi diri, memantaskan diri demi menyambut datangnya sebuah peradaban yang sesuai dengan cita-cita dan keinginan kita semua.

Wallahualam Bisshawwab. [Ma]

Baca juga:

0 Comments: