Headlines
Loading...
Oleh. Puspita Ningtiyas

Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan takut kepada Allah dan bertaqwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan” (TQS. An-Nuur 24:52*). 

Setiap orang ingin menjadi pemenang disetiap perlombaan yang dia ikuti. Pun dalam kehidupan, semua ingin mendapatkan bahagia di akhirnya nanti. Segala sesuatu bergantung akhirnya, termasuk kehidupan ini.

Namun tidak semua tahu caranya untuk menang. Ya, tidak semua menjadi orang-orang yang menang di kemudian hari.
Di dalam Alqur'an surat An-Nuur ayat 52 Allah menyampaikan ciri-ciri orang menang diantaranya, Taat kepada Allah dan Rasul-Nya, takut kepada Allah dan bertakwa kepada Allah.

Taat kepada Allah berarti melaksanakan setiap perintah Allah Swt. tanpa memandang apakah perintah itu mudah atau sulit untuk dilaksanakan. Begitu pun sama dengan larangan Allah Swt. yang juga harus ditinggalkan tanpa memandang mudah atau sulitnya meninggalkan larangan itu. Islam adalah agama yang sempurna, mengatur segala aspek kehidupan, maka dengan ini, harusnya kita mengikatkan diri dengan setiap syariat-Nya. 

Bahkan di dalam Alqur'an surat An-Nisa ayat 65 Allah menyampaikan keimanan seseorang bergantung pada kepasrahannya terhadap setiap hukum yang ditetapkan oleh Allah yang diturunkan kepada Baginda Nabi Saw.

Takut kepada Allah adalah penjaga kita dari durhaka kepada-Nya. Dengan kata lain ini adalah kontrol diri dari maksiat. Rasa takut akan menuntun kita ke jalan taat, maka memupuk rasa takut ini sangat penting untuk meningkatkan terus keimanan berada di puncaknya. Caranya dengan senantiasa tadabur alam, kehidupan dan alam semesta, mengingat Allah sebagai Pencipta dan Pengaturnya. 

Dengan begitu akan terus ada kesadaran bahwa kita ini makhluk yang harus taat, karena nantinya ada pembalasan di akhirat, berupa surga sebaik-baiknya balasan kebaikan dan neraka sebagai balasan atas ketidaktaatan.

Adapun takwa adalah adalah melaksanakan setiap perintah Allah dan meinggalkan setiap larangan-Nya. Memang tidak mudah di zaman sekarang untuk menapaki jalan taat. Namun begitulah beratnya sebuah ujian akan menentukan besarnya reward yang didapatkan.

Surga bukan barang murah dan hanya diberikan kepada orang yang sungguh berjuang. Berjuang untuk terus menjaga suasana takwa dalam dirinya.

Menjaga ketakwaan bisa dengan membentuk kebiasaan baik dalam diri kita, dan bisa dengan hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari. Semisal dengan komitmen membaca beberapa ayat Alqur'an setiap hari dan mentadaburi kandungannya. Sebaik-baik mengingat Allah adalah dengan membaca Alqur'an.

Maka bergabung ke dalam komunitas yang akan menjaga kita senantiasa dekat dengan Al-quran juga sangat penting untuk dilakukan.

Banyak cara yang bisa kita tempuh untuk tetap berada di jalan takwa. Tapi semua butuh kesungguhan untuk meraihnya, karena tidak ada jalan mudah untuk menjadi orang-orang yang menang. [ry].

Baca juga:

0 Comments: