Headlines
Loading...
Oleh. Ratty S. Leman

Keistimewaan bulan Rajab disebutkan dalam Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Pengetahuan bahwa bulan Rajab sebagai bulan waktunya menanam kebajikan mungkin sudah berulang kali kita dengar. Namun apakah hati ini tergerak untuk meniatkan suatu amal yang akan dilipatgandakan pahalanya? Apakah sudah merinci atau menyusun daftar amal yang akan disemai untuk ditumbuhkan? 

Sore ini, menjelang magrib tiba akan masuk ke tanggal 27 Rajab 1445 Hijriah. Waktu begitu cepat berlalu, seolah baru kemarin bulan Rajab tiba. Namun ternyata hanya tersisa cuma 3 hari lagi waktu untuk menanam. Astagfirullah, maafkan hamba-Mu yang sering lalai. 

Sudah menanam kebajikan apa yang akan dirawat di bulan Syakban dan akan dipanen di bulan Ramadan? Tadarus, tadabur, berdakwah, beramal? Wahai diri, jangan sampai tertinggal dan terlena karena nanti tak bisa merawat sesuatu karena tidak pernah menanamnya. Wahai diri, jangan sampai menyesal bila tak panen kelak saat Ramadan tiba.

Banyak komunitas dakwah mengajak kita mengisi bulan Rajab ini hingga Ramadan nanti, di antaranya yang penulis ikuti:

1. Sahabat Surga Cinta Qur'an (SSCQ)
Komunitas ini mengajak kita khatam setiap bulannya sehingga saat Ramadan nanti bisa khatam juga minimal sekali. Selain khatam membaca Al-Qur'an kita juga dilatih khatam membaca terjemah dan berlatih menuliskan ayat berkesan. Maka ikutlah ke dalam komunitas seperti ini agar kita terjaga dengan Al-Qur'an. 

Penulis sendiri ikut mulai dari  ‘challenge’ ke-9 di tahun 2021 hingga ‘challenge’  ke-33 di bulan Februari tahun 2024. Sungguh kenikmatan yang tak bisa diungkapkan mengisi bulan Rajab dengan berbagai aktivitas ketakwaan di komunitas ini. 

2. Terapi Az-Zahrawain yang diselenggarakan oleh Rehab Hati. Komunitas ini mengajak kita untuk mengisi amal saleh dengan terapi Az-Zahrawain yakni membaca surat Al-Baqarah sejak bulan Rajab, membaca Al-Baqarah dan Ali Imran (Az-Zahrawain) di bulan Syakban dan khatam Al-Qur’an sepanjang Ramadan. Tahapan-tahapan yang diprogram membuat kita bisa mencapai target Ramadan yakni khatam. 

Penulis mengikuti program ini sejak Rajab tahun 2020 hingga Rajab tahun 2024 sekarang ini. Manfaat yang didapatkan banyak sekali. Alhamdulillah penulis merasakan sendiri mukjizat Al-Qur’an sebagai ‘syifa’ (penyembuh).

3. Akademi Qur'an Learning (AQL) mengadakan banyak program sepanjang tahunnya. Ada 3 MQ (Malam Muhasabah Munajat Qur'an), KSP (Kuliah Semangat Pagi), ATQA (Akademi Tadabur Qur'an). Ada program khataman Qur'an bernama RajabQu, Sya'banQu, dan RamadanQu. 

Penulis mengikuti program-program ini saat awal pandemi 2020. Alhamdulillah sulit untuk menghentikannya sampai saat ini. Apalagi di bulan Rajab ini ada tadabur spesial berkaitan dengan penjajahan di Palestina yakni tadabur surat Al-Isra. Rasanya makin nikmat berinteraksi dengan ayat-ayat Allah setiap hari.

Tentunya ada banyak program yang diselenggarakan oleh banyak kelompok dakwah dan berbagai komunitas. Apa saja kegiatan yang teman-teman ketahui dan ikuti di bulan Rajab ini? Tulis di kolom komentar ya untuk saling menginspirasi dan saling mengisi. Yuk kita ambil hikmah di bulan Rajab ini dengan mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala. 

Malam ini 27 Rajab 1445 Hijriah, di beberapa WA grupku ada jadwal pelatihan salat khusyuk dan pengajian tentang oleh-oleh Isra Mikraj yakni salat. Salat adalah amal yang pertama kali dihisab sebelum amal kita yang lainnya. Sudah benarkah wudu kita? Sudah benarkah salat kita? Jangan merasa cukup dan sudah sempurna dengan pelajaran salat di masa kecil. Ilmu harus terus di ‘up grade’, agar iman di dada semakin kokoh.

Bagiku bulan Rajab adalah bulan untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadan nanti. Maka dari itu ilmu harus ditambah dan amal harus dilatih agar istikamah, agar Ramadan turun berkah. Apa hikmah bulan Rajab bagi teman-teman semua?

Semoga kesadaran menanam kebajikan dan amal saleh ini terus ditingkatkan. Bulan Rajab di mana kebajikan dilipatgandakan pahalanya dan keburukan dilipatgandakan siksanya. Tak inginkah memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya? Seperti Shallahudin Al-Ayubi yang membebaskan Baitul Maqdis saat bulan Rajab? Yuk, mari sambut kemenangan demi kemenangan itu di bulan Rajab ini.

Daulah Khil4fah Islamiah juga runtuh di bulan Rajab. Sedih terasa sampai hari ini. Umat muslim terombang-ambing tanpa pelindung bagai anak ayam kehilangan induknya. Dampaknya sampai sekarang kita melihat sendiri, pilunya hati melihat saudara-saudara kita di Baitul Maqdis dibantai oleh zionis Yahudi laknatullah tanpa kita bisa berbuat apa-apa. 

Momentum Rajab kali ini menggugah kaum muslimin untuk bangkit lagi meraih kemenangan yang pernah diraih Umar bin Khattab dan Shalahudin Al-Ayubi. Saatnya kita mempersiapkan tampilnya generasi 'ibadan lanaa uli ba'sin syadid' (generasi hamba yang mempunyai kekuatan). [Ni]

Wassalam
Bogor, 27 Rajab 1445 H

Baca juga:

0 Comments: