Headlines
Loading...
Challenge Motivasi


Oleh. Neni Arini 

Dalam kehidupan ini, kita adakalanya dihadapkan pada berbagai rintangan dan tantangan yang membuat kita merasa putus asa dan lelah. Karena pada hakikatnya hidup adalah ujian, tapi yakinlah bahwa setiap ujian dan tantangan yang Allah berikan selalu ada jawabannya.

Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 153 yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."

Pada ayat tersebut Allah memberikan jawaban atas segala ujian dan rintangan yang menimpa hambanya adalah dengan salat dan sabar. Untuk itu dekatilah Allah, mintalah pertolongan hanya pada-Nya.

Sesungguhnya kesabaran merupakan bentuk keberanian tertinggi dalam menghadapi tantangan. Dan sesungguhnya sabar merupakan  bentuk sikap,  atas pengakuan bahwa semua yang ada merupakan pemberian dari Allah Swt., dan semua  akan kembali kepada-Nya. 

Hendaknya kesabaran diposisikan sebelum perbuatan. Artinya, ketika seseorang mau melakukan suatu perbuatan atau menjalankan tujuannya maka kesabaran sudah disertakan sejak dimulainya suatu amal atau perbuatan.  

Begitupun ketika kita memilih berada dijalan dakwah, tentulah bukan hal yang mudah dan sederhana. Jalan dakwah yang kita tempuh saat ini adalah sebuah  jalan yang panjang dan ditaburi dengan halangan dan rintangan, rayuan dan godaan. Untuk itu dakwah merupakan aktivitas mulia yang  memerlukan orang-orang yang memiliki keikhlasan, tekun dalam bekerja, dan mau berjuang atas segala rintangan yang kan menghadang serta senantiasa teguh hingga ujung napas usia.

Dakwah itu mengajak orang lain kepada  kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.  Menjadi sesuatu hal biasa ketika dakwah itu menjadi hal yang pro dan kontra. Untuk itu dibutuhkan sebuah pengorbanan yang tak biasa baik waktu, tenaga, pikiran juga harta.

Percayalah,  beratnya ujian dalam perjuangan tidak akan melebihi batas kemampuan kita.
Yang terpenting perbaiki kualitas diri agar umat percaya kepada para pengemban dakwah. Jangan menjadi orang yang biasa saja, tapi jadilah orang yang luar biasa, yang selalu istikamah berjuang di jalan dakwah.

Lakukan upaya terbaik kita, perjuangkan semaksimal mungkin. Yakinlah jalan onak penuh berduri ini akan mampu kita lewati ketika kita iklaskan perjuangan karena Allah. Allah pasti akan menunaikan janji-Nya, janji kepada hamba-Nya yang beriman dan beramal salih. Yakinlah bahwa Allah menyempurnakan perjuangan dengan kemenangan.

Janganlah pernah berpikir untuk berhenti di jalan dakwah ini. Teruslah berjuang, insyaallah lelah pun akan berubah menjadi lillah, dan surga pun menantikan kita sebagai pejuang-pejuang dakwah. Wallahu a'lam bishawab. [ry].

Baca juga:

0 Comments: