Headlines
Loading...
Challenge Motivasi 

Oleh. Erna Kartika Dewi 

Dalam sekian puluh tahun kehidupan yang telah dijalani, pastinya ada banyak suka dan duka yang dirasakan. Pahit manis kehidupan seolah telah menjadi bagian dalam kehidupan yang suka tidak suka tetap harus dijalani.

Menjadi pribadi yang tetap tangguh dan semangat dalam setiap keadaan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dijalani.
Ketika hati sedang merasakan kesedihan yang teramat dalam, atau ketika sedang diuji dengan berbagai ujian kehidupan, sanggupkah kita untuk terus semangat? 

Bisa jadi, semangat itu mungkin akan tetap ada dan muncul dalam diri kita. 
Hanya saja butuh perjuangan yang besar untuk bisa membangkitkan rasa itu.

Dan untuk bisa melakukan perjuangan tersebut, peran hati, pikiran dan juga orang-orang di sekitar sangatlah penting dan juga sangat berpengaruh. Ketika ingin memunculkan semangat dalam diri kita, tenangkan lah pikiran kita dan juga hati kita. 
Isilah semuanya dengan aura-aura positif yang bisa memberikan manfaat dan juga rasa bahagia untuk kita. Tanamkan dalam diri kita bahwa apa yang terjadi dalam hidup kita ini adalah atas izin Allah.

Dalam Al-Qur'an Allah Swt. berfirman:

"Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)." (TQS Al-An’am ayat 59).

Adanya kita di hari ini dengan keadaan yang begini, pastinya bukanlah sebuah kebetulan tapi karena adanya izin dari Allah.
Jadi teruslah bangun prasangka yang baik terhadap Allah. Bukankah Allah itu tergantung prasangka hamba-Nya?
Jangan biarkan aura negatif atau pemikiran buruk mempengaruhi kita karena itu akan membuat kita menjadi kehilangan semangat dan patah arang.

Kemudian, jangan lupa untuk terus berkumpul dan berteman dengan orang-orang salih. Karena keberadaan teman atau pun orang sekitar sangat berpengaruh pada semangat kita dalam menghadapi hari-hari kita.
Tetap jaga semangat kita, apa pun kondisinya teruslah untuk selalu berkata, "Menyala Semangatku".

Semoga kita semua menjadi pribadi yang senantiasa bersemangat untuk menyebarkan aura kebaikan, tak pernah lelah untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan dan melakukan semua hal yang Allah ridai di sepanjang hidup kita. [Hz]

Baca juga:

0 Comments: