Headlines
Loading...
Pengorbanan Diri dalam Medan Dakwah

Pengorbanan Diri dalam Medan Dakwah

Challenge Motivasi 

Oleh. Zahrah Luthfiyah

Dakwah adalah tugas yang harus diemban oleh setiap muslim. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Tugasnya yaitu Beramar ma'ruf nahi munkar kepada seluruh umat manusia. Tugas dakwah itu cukup rumit karena banyak tantangan yang harus di hadapi baik itu dari lingkungan, diri sendiri, dan keluarga. Yang paling susah adalah menghadapi tantangan yang datangnya dari diri kita sendiri. Apalagi, didukung dengan sistem yang rusak. Yang terus melegalkan kemaksiatan. Sehingga susah untuk menempatkan diri pada kondisi yang baik dan taat kepada Rabb-Nya.

Pengemban dakwah harus bisa menyesuaikan diri dengan apa yang ia sampaikan di tengah-tengah publik. Ia harus menjadi public figure yang mencontohkan kebaikan dari prilakunya, dan lisannya. Bukan malah justru yang berbanding terbalik dari apa yang ia sampaikan. Pengemban dakwah juga harus memiliki skil dan potensi agar ia bisa memanfaatkannya untuk dakwah. Contohnya: Public speaking, melatih agar ia bisa berbicara yang tersusun dengan baik untuk menyampaikan dakwah dengan baik seperti Ust Felix, Ust Ismail Yusanto dan yang lainnya. Meskipun dari kita tidak pandai public speaking. Setidaknya, kita belajar dasarnya sedikit demi sedikit agar bisa berbicara di depan public dengan bagus. Atau pun dengan menulis kita bisa menyampaikan dakwah secara digital atau online. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak orang yang mengakses internet dan memposting sesuatu yang tidak berguna. Dari pada waktu terbuang sia-sia dengan melihat postingan yang tidak berguna, mendingan kita memanfaatkan potensi kita dengan menyebarkan beberapa tulisan dakwah.

Allah Swt. berfirman dalam (TQS. Ali Imran: 114).

"Mereka beriman kepada Allah dan hari akhir, menyuruh (berbuat) yang makruf, mencegah dari yang mungkar, dan bersegera (mengerjakan) berbagai kebajikan. Mereka itu termasuk orang-orang saleh."

Ayat di atas menjelaskan bahwa pentingnya untuk menyebarkan dakwah yang mengajak manusia lainnya untuk berbuat baik serta meninggalkan keburukan. Dakwah bukan hanya dilakukan di dalam mimbar mesjid saja. Atau pun dilakukan para da'i, atau pun penceramah. Namun, pemuda juga bisa mengambil peran untuk mengerahkan segala potensinya dalam menyebarkan dakwah. Dakwah itu butuh pengorbanan yang berat tak bisa hanya berdiam diri untuk mengambil perubahan yang hakiki. Yuk kenali potensi dirimu dan kembangkan untuk menyebarkan Islam di bumi-Nya. 
Wallahualam bishawab. [Hz]

Baca juga:

0 Comments: