Headlines
Loading...
Oleh. Dewi Kusuma 
Pemerhati Umat

Syukur adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa terimakasih. Bersyukur berati cara kita berterimakasih kepada Allah. Sebab Dialah yang telah melimpahkan karunia batas segala anugerah-Nya.

Menurut istilah syukur adalah cara memberikan pujian kepada Allah Swt. Yaitu dengan senantiasa taat dan patuh terhadap segala aturan-Nya. Tunduk dan berserah bahwa kepada-Nya. Ikut bergabung dalam aktivitas amar makruf nahi mungkar sesuai dengan kewajiban yang diberikan untuk kita umat-Nya.

Senantiasa bersyukur atas apa yang kita dapatkan. Pandai menjaga semuanya, baik harta benda, materi maupun keluarga. Sejatinya rezeki yang kita miliki hanyalah titipan dari Sang Maha Kuasa. Untuk itu kita harus pandai memanfaatkan sesuai dengan ketentuan Allah Swt.

Sejatinya dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain. Oleh sebab itu kita harus senantiasa belajar dan memahami apa yang tersirat dalam Al-Qur'an. Sehingga dalam memanfaatkan harta tersebut kita tidak salah langkah.

Allah Swt berfirman dalam QS. Az-Zariyat: 19 yang artinya, "Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.

Dari ayat ini jelas tergambar bahwa harta yang kita miliki bukan mutlak milik kita. Namun, kita mesti menyedekahkan sebagian harta kita kepada yang lainnya. Dengan senantiasa bersyukur dan berbagi maka Allah akan senantiasa mencintai kita.

Bersyukur atas waktu dan umur yang masih bisa kita nikmati. Dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Menaati hukum-hukum-Nya serta menjalani kehidupan sesuai aturan-aturan-Nya. 

Tidak perlu mager saat apa yang kita inginkan belum kita dapatkan. Namun, kita harus tetap bersyukur dan doa agar Allah memudahkan segala urusan kita. Berputus asa atas apa yang belum kita dapatkan hanya akan menghambat langkah dan membuat hati kesal. Kita mesti harus meyakini bahwa semua yang ada pada kita adalah bukti cinta dari Allah. Maka kita wajib untuk selalu mensyukuri atas semua yang telah Allah berikan. 

Yakin itulah yang terbaik 
Yakin itulah karunia nikmat 
Tetap bersyukur dengan taat syariat 
Sehingga Allah berikan surga yang terindah

Wallahualam bissawab. [ry].

Baca juga:

0 Comments: