Headlines
Loading...
Oleh. Waviza 

Generasi impian ialah mereka yang bisa mewujudkan cita-cita kehidupan yang aman, nyaman, dan sejahtera dalam sebuah institusi bernamakan negara. Negara ini dilengkapi seperangkat aturan untuk menjadikan kehidupan manusia terarah dan sistematis.

 Generasi impian juga mereka yang mampu memperjuangkan kemerdekaan sebenar-benar merdeka secara keseluruhan. Generasi impian ialah mereka yang diharapkan kelak dapat mewujudkan kembali kehidupan Islam. 

Generasi impian ialah mereka yang membudayakan dirinya untuk bersama dengan ketaatan pada Tuhan. Memaksa dirinya agar senantiasa berbuat kebajikan di kala kesibukan datang. Generasi impian ialah mereka yang selalu dalam keadaan menjaga iman, walaupun berat ujian yang menantang. Dia hebat!

Generasi impian kita harapkan ialah mereka yang dapat membawa sebuah prestasi yang gemilang. Bukan hanya di suatu bidang melainkan berbagai bidang. Baik itu prestasi akademik maupun non-akademik. Selain itu, generasi impian juga memikul peran sebagai agen perubahan untuk suatu peradaban. Oleh karena itu, persiapan menuju peradaban gemilang pastinya diemban oleh generasi gemilang. 

Nah, untuk skala peradaban agar menjadi peradaban gemilang bukan dididik dengan metode yang biasa-biasa saja. Tetapi, harus dengan metode luar biasa. Mau tahu caranya?  Ini dia:

Pertama, tanamkan sejak dini pada generasi sebuah keimanan pada Tuhan yakni Allah Swt.. Buat mereka paham bahwa dirinya adalah hamba yang lemah dan terbatas. Oleh karena itu, seorang hamba tak akan mampu melakukan apa pun di luar kuasanya. Maka, jangan coba-coba untuk sombong saat punya kehebatan. Sebab, dia hanya seorang hamba yang lemah dan terbatas. 

Kedua, bawa mereka pada lingkungan yang senantiasa menjadikannya selalu dekat dengan Allah Swt. Karena sejatinya, lingkungan memiliki pengaruh besar dalam membangun generasi cemerlang. Ketika salah dalam pergaulan, maka dapat berakibat fatal pada akhir kehidupan. 

Ketiga, sistem yang diterapkan telah sesuai tuntunan syariat yang telah Allah berikan yakni Islam. Sistem Islam ini telah mencetak sejarah karena kejayaannya dalam segala bidang kehidupan. Termasuk pendidikan. selama 1400 tahun yang lalu pernah menguasai 2/3 dunia dan umat sejahtera karenanya. Kalau sudah begini, bingung mau pakai kata apa lagi selain berhasil. Islam memang keren dalam mengatur segala aspek kehidupan. Termasuk di dalamnya melahirkan generasi cemerlang untuk peradaban yang gemilang.

Jadi, berbanggalah kita ketika sudah beragama Islam sejak lahir. Karena umat Islam adalah umat terbaik. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ    وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ    مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ 

"Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik."
(QS. Ali 'Imran[3]:110)

Wallahualam bissawab.

Baca juga:

0 Comments: