Headlines
Loading...
Oleh. Ratty S Leman

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah. Pada hari ini Jumat, 30 Agustus 2024 adalah hari yang sangat berkah untuk kita semua. Pagi-pagi sudah bersliweran 'flyer' Jumat berkah di beberapa WA grup. Alhamdulillah, pagi-pagi sudah penuh berkah. Saling mengingatkan bahwa hari ini hari Jumat, ada amalan istimewa di hari Jumat. 

Rasulullah Saw. bersabda,

”فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ.“

“Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Al-Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852 dari Abu Hurairah ra).
 
Yuk kita amalkan sunnah-sunnah di hari Jum'at, di antaranya : 
▪ Memperbanyak dzikir
▪ Memperbanyak sholawat 
▪ Membaca Surat Al-Kahfi
▪ Memperbanyak sedekah
▪ Memperbanyak do'a, terutama antara Ashar sampai terbenamnya matahari. 

Alhamdulillah selalu banyak yang mengingatkan setiap hari Jumat. Mengapa di hari-hari yang lain jarang yang mengingatkan, seperti "Semangat Senin, Selasa Ceria, Rabu Merdu, Kamis Manis, Sabtu Seru?" Ah, hari Jumat memang istimewa. Hari raya bagi umat muslim. Di hari itu Shalat Dhuhur yang 4 rakaat diganti dengan Shalat Jumat berjama'ah di masjid 2 rakaat. 

Hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa dan penuh keberkahan bagi umat Islam. Ada banyak amalan dan ibadah yang biasa dilakukan pada hari ini. Salah satu amalan yang bisa dilakukan di hari yang penuh keberkahan ini adalah membagikan kata-kata "Jumat berkah." Meskipun singkat, namun kata-kata tersebut memiliki makna yang mendalam dan menyejukkan hati siapapun yang membacanya termasuk diriku. Maka izinkanlah di hari Jumat yang penuh berkah ini saya menuliskan muhasabah menggingat-ingat semua kebaikan di hari Jumat. 

Kata-kata "Jumat berkah" umumnya digunakan untuk saling mengingatkan sesama muslim tentang keutamaan "Sayyidul Ayyam" ini. Hari Jumat adalah momen istimewa di mana kita merenung, bersyukur, dan menatap ke depan dengan penuh doa, semoga setiap langkah kita diwarnai keberkahan-Nya. Jumat berkah adalah saat kita merayakan hidup, merenung pada kebaikan yang telah kita alami, dan memancarkan energi positif untuk mengisi setiap momen dengan keberkahan.

Karena itulah mari kita merayakan keberkahan di hari Jumat dengan penuh rasa syukur dan senantiasa bertakwa kepada Allah Swt. Selamat Jumat, hari di mana kita tidak hanya bersyukur atas rezeki, tetapi juga memahami nilai kehidupan, memberikan inspirasi, dan memperkuat ikatan kebersamaan dengan sesama. Banyak orang berbagi makanan di hari ini, berbagi rezeki, dan berbagi ilmu. 

Selamat Jumat, hari yang indah untuk membuka lembaran baru, menjadikan setiap tindakan sebagai ibadah, dan meresapi kehadiran-Nya dalam setiap hembusan nafas kita. Pada Jumat yang penuh makna, mari kita memberikan ruang bagi kebijaksanaan-Nya, bersyukur atas segala anugerah, dan menjadi saksi cinta-Nya yang tak terhingga.

Pada hari Jumat yang mulia ini, mari kita bersama-sama menyucikan hati, merenung pada kebijaksanaan hidup, dan memohon ampunan serta petunjuk-Nya untuk meniti setiap langkah dengan penuh keberanian dan kedamaian.

Pada Jumat yang penuh berkah ini, mari kita mengenang nikmat-Nya, menjaga hati dari kejahatan, dan berjanji untuk menjadi pribadi yang lebih baik di setiap aspek kehidupan. Hari ini pada Jumat yang penuh berkah, mari kita membuka hati untuk menerima kebijaksanaan-Nya, menginspirasi dengan tindakan baik, dan menjadi saluran keberkahan bagi sekitar kita.

Selamat menikmati hari Jumat, saatnya merasakan kelembutan kasih sayang-Nya. Selamat menikmati Jumat yang penuh keberkahan, hari di mana kita merenung pada anugerah hidup, menguatkan iman, dan menyebarluaskan cinta kasih kepada semua yang kita temui. Selamat berhari Jumat, waktu untuk menenangkan pikiran, merenung pada keajaiban hidup dan menyimpan keberkahan dalam hati agar dapat diberikan kepada orang-orang di sekitar kita.

Selamat hari Jumat dan selamat berkumpul bersama Bunda Lilik Yani dengan teman-teman SSCQ di Masjid Al Jabbar Kota Bandung. Semoga pertemuannya berkah dan semoga keberkahan hidup senantiasa tercurah kepada kita semua. Berkah untuk komunitas SSCQ yang selama ini membersamai kami di dalam tilawah Al-qur'an, membaca terjemah, bertadabur, dan menuliskan hasil tadabur untuk dakwah demi kembalinya kemuliaan Islam. [ry].

Baca juga:

0 Comments: