Headlines
Loading...
Oleh. Dewi Kusuma 
(Pemerhati Umat)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata mandiri mempunyai arti bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Mandiri adalah sifat yang mampu mengatasi dirinya sendiri. Ia akan berani bertanggung atas pilihan dan tindakan yang diambilnya.

Seseorang akan merasa puas dan bahagia saat kinerja yang dilakukan sukses dan memperoleh hasil yang maksimal. Sifat kemandirian ini tentang harus dibarengi dengan landasan yang kuat. Sebagai seorang muslim tentu mendasari sifat kemandirian ini dengan akidah Islam.

Hal ini penting agar apa yang diharapkan dan dicanangkannya tidak melanggar syariat. Sehingga dengan kemandirian yang dilakukannya akan menghasilkan apa yang diinginkannya dan berbuah pahala. Sebab segala sesuatu yang kita kerjakan akan dimintai pertanggungjawaban kelak di hadapan Allah Swt.

Kehidupan dunia ini hanyalah sementara. Ladang untuk bercocok tanam agar bisa memanen hasil yang terbaik. Segala apa yang kita lakukan bisa bermanfaat untuk kehidupan di akhirat nantinya. 

Kiprah seorang yang mandiri akan selalu memikirkan sebab akibat akan kerja yang dilakukannya. Ia akan memikirkan segi positif dan negatifnya. Sehingga apa yang dikerjakannya tidak menghasilkan sesuatu yang percuma. Tentu segala daya upayanya akan selalu diniatkan karena Allah Swt.

Pekerjaan yang diniatkan karena Allah akan mendapatkan nilai lebih. Bukan kerja yang hanya ingin mengumpulkan materi belaka. Namun, aktivitas yang akan mendorong kepada seseorang agar mampu meraih rida Allah.

Allah Swt berfirman:

وَٱصْبِرْ فَإِنَّ ٱللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ ٱلْمُحْسِنِينَ

"Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan."
(QS.Hud: 115)

Kemandirian akan selalu berpegang teguh pada kebenaran. Kebenaran dari Yang Maha Kuasa, penguasa langit bumi dan seisinya. Ia akan menjalankan kehidupannya dengan penuh tanggungjawab. Sebagai makhluk hidup yang paling sempurna, ia tidak akan perbuat menurut hawa nafsunya. Kiprahnya akan selalu diniatkan lillah. Hanya memohon kepada-Nya agar kemandiriannya mendatangkan keberkahan dan rahmat-Nya. Semua ia lakukan semata-mata hanya untuk meraih cinta dan rida Allah Swt.

Wallahualam bissawab.

Serang Banten, 13 Agustus 2024

Baca juga:

0 Comments: