Headlines
Loading...
Oleh. Dhevi Firdausi, ST.

Baitiy jannatiy menjadi impian setiap keluarga. Baitiy jannatiy artinya rumahku surgaku. Sebagai seorang muslim, tentu kita berharap rumah menjadi surga dunia yang penuh kedamaian, selalu dirindukan ketika ada kegiatan di luar. Salah satu cara mewujudkan baitiy jannatiy di dalam rumah adalah dengan membuat kolam ikan. Surga digambarkan dalam Al-Qur'an identik dengan adanya taman bunga dan air kolam. Namun, sering kali karena keterbatasan lahan, kita harus kreatif untuk membuat kolam ikan dalam ukuran kecil.

Kolam ikan mini depan rumah bisa diterapkan sebagai dekorasi untuk mempercantik tampilan rumah. Selain itu akan menambah suasana asri dan banyak manfaat lain, misalnya: membantu mengurangi stres dan memberikan suasana tenang bagi pemilik rumah lewat suara percikan air yang dihasilkan.

Kolam ikan semacam ini bisa dirancang secara estetik. Adapun contoh model terbaru yang bisa dipilih:

1. Model kolam ikan minimalis dari batu alam.

Untuk membuat kolam ikan tersebut, kita hanya membutuhkan pecahan batu alam dari sisa-sisa pembangunan rumah. Pecahan batu tersebut lantas ditumpuk secara acak, lalu dijejerkan sampai membentuk pagar kolam ikan yang estetis. Tidak lupa, tambahkan pancuran air di tengah kolam sebagai sistem sirkulasi air. Kita juga bisa menaruh tanaman hias di sisi kolam untuk menambah kesan asri.

2. Model kolam ikan mini konsep DIY (barang bekas).

Tidak cuma batu alam, kita juga bisa membuat kolam ikan mini dari barang-barang bekas lain yang tersedia di rumah. Bermodal DIY (do it yourself), kita bisa memanfaatkan bak mandi bekas berukuran sedang untuk membuat kolam ikan minimalis. Selain itu, di atasnya terdapat pancuran yang dibuat dengan memanfaatkan pot bunga. Kita juga bisa mengecat permukaan bak agar terlihat estetis seperti baru. Lalu, hias dengan sejumlah tanaman air dan taruh jenis ikan kecil berwarna-warni.

3. Model kolam ikan minimalis dengan kaca.

Mirip seperti model yang pertama, kolam ikan ini juga dibuat dengan gaya minimalis dan memanfaatkan material kaca. Namun, ukuran kolam ini terbilang lebih kecil karena tidak dilengkapi dengan air mancur yang terdapat pada bagian atasnya. Air mancur kolam tersebut sengaja ditaruh di permukaan kolam, sehingga mampu menciptakan efek semburan yang estetis. Meski ukurannya kecil, kita bisa membuat kolam ikan tersebut dengan bentuk melebar jika lahan yang tersedia memungkinkan.

Healing bukan berarti harus keluar rumah, pergi ke tempat wisata dengan mengeluarkan biaya. Healing bisa dilakukan di dalam rumah. Salah satunya dengan membuat taman mini di teras rumah, kolam ikan sebagai penambah estetikanya. Konsep baitiy jannatiy ini diharapkan bisa mewujudkan keluarga sakinah mawadah warahmah. [Ni]

Baca juga:

0 Comments: