Headlines
Loading...
Oleh. Erna Kartika Dewi

Sebagai manusia, pastinya ada banyak hal yang telah kita alami selama menjalani kehidupan ini. Apa pun yang terjadi dalam hidup kita harus selalu kita syukuri.

Betapa baik dan sayangnya Allah kepada kita, sehingga hidup kita setiap harinya dibuat dengan begitu detail dan teratur.
Anggota tubuh yang lengkap, keluarga yang begitu hangat dan penuh kasih sayang, aktivitas yang selalu menenangkan hati serta teman-teman baik yang tak pernah lelah untuk selalu mengajak dalam kebaikan.

Begitu banyak nikmat yang sudah Allah berikan dalam kehidupan ini. Ketika bangun tidur, bersyukur karena ternyata Allah masih memberikan nikmat sehat dan nikmat hembusan nafas sehingga bisa beraktivitas di hari ini serta berkumpul dengan orang-orang tercinta. Melihat suami ada di samping kita, melihat orang tua kita yang tersenyum bahagia ketika melihat kita serta anak-anak yang salihah yang tumbuh dan berkembang tanpa ada kekurangan suatu apa pun.
Alhamdulillah ala kulli hal. Selalulah bersyukur atas setiap keadaan.

Jangan menjadi pribadi yang mudah mengeluh, tapi sebaliknya jadilah pribadi yang selalu dipenuhi dengan rasa syukur. Apa pun yang Allah berikan bersyukurlah agar semua nikmat itu terus ditambahkan oleh Allah.

Sebagaimana Allah Swt. berfirman:
(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras." (TQS. Ibrahim ayat 7).

Bersyukurlah karena dengan syukur tersebut bisa membuat kita terhindar dari rasa sombong atau pun takabur.
Barangkali dalam kehidupan sehari-hari pun kita sering mendengar istilah "Sudahkah bersyukur hari ini?" Jika kita telisik makna yang tersirat dalam kalimat tersebut, seperti menjadi istilah atau pun jargon yang membuat kita tidak selalu menjadi manusia yang mudah mengeluh setiap saat.
Jangan melihat ke atas, karena melihat ke atas akan membuat kita terlena dan selalu menjadi pribadi yang tidak pandai bersyukur.
Tapi lihatlah ke bawah, karena akan membuat kita semakin sadar dan tak pernah berhenti untuk bersyukur.

Bersyukurlah atas setiap keadaan. Rezeki sudah ada takarannya, rezeki tak akan pernah salah alamat, di mana pun rezeki itu berada meskipun berliku-liku jalannya pasti akan tetap sampai pada yang berhak menerimanya.
Jangan pernah mengeluh atas apa pun yang terjadi dalam hidup. Karena apa pun yang terjadi dalam hidup tidak ada yang terjadi secara kebetulan. Semua yang terjadi pastinya karena izin Allah.

Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang selalu bersyukur atas semua nikmat dan rahmat yang Allah berikan entah besar maupun kecil dan tidak menjadi pribadi yang suka mengeluh.

Wallahualam bissawab. [Hz]

Baca juga:

0 Comments: