Headlines
Loading...
Oleh. Dewi Kusuma 
Pemerhati Umat

Tujuan Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna hanyalah untuk beribadah kepada-Nya. Hanya kepada Allah Swt yang Maha Esa, Mahakuasa, Maha Mulia, Maha Agung kita semua ini beribadah kepada-Nya. Adapun tata cara dalam beribadah telah tertuang dalam Kalamullah (Al-qur'an), hadis, qiyas dan ijma' sahabat.

Agar kita tidak salah arah tentu kita semua wajib untuk menuntut ilmu. Kewajiban yang datangnya dari Allah yaitu sejak dalam buaian hingga ke liang lahat. Saling bergandengan tangan berkumpul bersama untuk menimba ilmu. Dengan mengunakan dasar dari ke-4 sumber di atas sehingga kita bisa memahami dengan benar dan tidak salah arah

Pentingnya kita umat muslim bersatu untuk  senantiasa belajar bareng, bermuhasabah diri, agar selalu taat syariat. Dengan ketaatan kita dalam beribadah semoga kehidupan yang kita jalani berlimpah berkah. Kehidupan di dunia adalah ladang untuk bercocok tanam guna mengumpulkan amal ibadah untuk bekal di akhirat nantinya. Maka agar hidup kita berkah modal utama adalah taat syariah.

Segala ilmu yang kita pelajari tentu wajib berpatokan kepada aturan Allah. Ilmu, pekerjaan dan segala usaha serta aktivitas hidup yang kita lakukan tidak boleh berlawanan dengan Islam sebagai aturan yang datangnya dari Allah Swt. Jika kita mengambil tindakan yang melawan aturan Allah maka hasil yang dicapainya akan merugikan diri sendiri. Adapun jika aktivitas kehidupan yang kita jalankan sesuai dengan aturan Allah maka kebaikan yang didapatkannya juga untuk diri sendiri.

Dalam Al-qur'an juga sudah dijelaskan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dijalankan. Misal, riba, khamr, berjudi, ghibah, zina, mencuri adalah hal-hal yang dilarang dilakukan, sebab hal tersebut adalah merupakan larangan Allah. Dan jika kita tetap menjalankannya tentu tumpukan dosalah yang kita dapatkan. Sedangkan jika kita mengajak kepada kebenaran yang datangnya dari Allah maka akan menambah investasi pahala. Hal-hal yang boleh dikerjakan menurut aturan Allah jika kita lakukan dengan niat karena Allah maka akan mendapatkan pahala. 

Semoga seluruh aktivitas yang kita jalankan bernilai ibadah dan menambah pahala. Dengan berbuat hal yang tidak menyalahi aturan Allah semoga Allah berikan kehidupan yang barakah serta pahala yang Allah berikan bernilai pahala jariyah.

Allah Swt berfirman:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰٓ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّقَوْا۟ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَٰتٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ

"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi" (TQS. Al-A'Raf: 96)

Dari ayat ini kita bisa pahami bersama bahwa kehidupan kita akan dilimpahi keberkahan saat kita beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. Dengan ketaatan ini maka kita akan mampu menggapai kehidupan yang berkah. Tentu hal yang sangat luar biasa jika kehidupan yang kita jalankan penuh dengan keberkahan dari Allah. Adanya ketaatan dan keimanan ini maka akan menghantarkan kepada kehidupan yang barakah bahagia di dunia dan di akhirat. Wallahualam bissawab. [ry].

Serang Banten, 30 Agustus 2024

Baca juga:

0 Comments: